Rincian Biaya Merakit Komputer (PC)

Posted by Ashari

Analisa Rincian Biaya/Dana Yang Dibutuhkan Untuk Merakit Personal Komputer (PC). Merakit Personal Komputer (PC) bagi sebagian orang mungkin member suatu bayangan kegiatan yang dilakukan oleh para teknisi komputer yang tengah memasang komponen dengan kabel dan peralatan yang berserakan dimana-mana, atau sebagian yang lain tengah membayangkan teknisi yang tersengat listrik saat memasang motherboard atau mencolokan konektor catu daya ke casing. Belum lagi kerumitan pemasangan jumper, switch, konektor dan lain sebagainya. Salah-salah komponen yang terbalik dan mengakibatkan hubungan pendek sehingga komponen yang harganya mahal tersebut justru harus terbakar. Wah betapa mengerikan merakit PC itu.

Personal Komputer

Mitos tersebut kadang-kadang masih bertahan dikalangan awam, utamnya mereka yang belum mengenal perkembangan teknologi. Kenyataannya, saat ini komponen-komponen PC telah dibuat sederhana mungkin dan pemasangannya pun semakin dipermudah. Terutama dengan adanya teknologi Plug-n-Play, kegiatan merakit PC itu ternyata semudah membuat rumah dari mainan lego. Yang diperlukan hanyalah sedikit pengetahuan elektronik, kesabaran, peralatan yang tepat dan membaca baik-baik manula pemasangan yang biasanya disertakan pabrik pembuat PC, dan serta tentu saja kemampuan bahasa Inggris yang memadai untuk memahami manual tersebut.

Komponen dan Dana yang dibutuhkan

Berapa sebenernya biaya yang dibutuhkan untuk merakit sebuah PC yang lengkap (plus aksesoris yang lainnya)? Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan budget yang ada. Semakin tinggi komputasi, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Disini saya akan mengkalulasikan harga PC berdasarkan tingkat keuangan yang standar bagi banyak kalangan. Kalkulasi tersebut didasarkan pada tingkat kebutuhan komputasi rata-rata yang diperlukan oleh pengguna rumahan atau pengguna kantor, yang sensitive terhadap harga.

Untuk merakit sebuah komputer walaupun secara umum tidak memerlukan biaya banyak, tetapi kadang-kadang kalau hardware yang akan digunakan berkualitas tinggi tentu akan memerlukan biaya yang tinggi pula.

Berikut adalah gambaran komponen beserta harga diperlukan :

a. Cassing
Fungsi casing adalah untuk menyimpan semua komponen sebuah komputer. Harga casing ini bervariasi mulai dari yang Rp. 200.000,- sampai dengan diatas Rp. 1.000.000,-. Untuk sekedar bahan persiapan dana gunakan casing yang cukup baik dengan harga sekitar Rp. 300000,-.

b. Motherboard atau Mainboard
Jika anda akan merakit PC berkualitas tinggi gunakan mainboard yang cukup baik dan jangan lupa pastukan kompatibelitasnya dengan hardware lain yang akan dipasang. Untuk mainboard ini harga bervariasi tergantung merek dan kualitasnya. Jika anda akan menggunakan CPU Core 2 Duo, maka gunakan mainboard yang mendukung CPU tersebut. Jika komputer yang anda rakit menjalankan system standard 32 bit, maka belilah mainboard yang 32bit support Core 2 Duo. Harganya pun tidak terlalu mahal, untuk saat ini diperkirakan sekitar Rp. 1.000.000.-. Harga mainboard yang 64 bit lebih mahal dibandingkan dengan mainboard yang 32 bit.

c.    CPU atau Processor
Untuk harga CPU juga bervariasi tergantung jenis, kecepatan dan merk. Sebagai contoh untuk merakit komputer yang bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan system operasi terkini gunkan CPU yang cukup berkualitas dan tidak terlalu canggih tetapi sudah memenuhi kebutuhan system komputerisasi modern, misalnya CPU atau processor Intel Core 2 Duo 2Gb. CPU jenis ini harganya tidak terlalu mahal untuk saat ini diperkirakan Rp. 1.000.000,-. Dengan CPU ini selain sudah mampu menjalankan Windows 7, juga bisa menjalankan Windws 8.

d. RAM atau Memori
Saat ini harga RAM 1 atau 2 Gigabyte sudah sangat murah, maka untuk merakit PC gunakan RAM diatas 2 Gb. Jika anda menggunakan RAM diatas 2Gb, anda mungkin cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 500.000,-. Sedangkan merk dan jenis RAM harus disesuaikan dengan mainboard yang akan digunakan.

e.VGA atau Kartu Grafik
Untuk VGA ini sebenarnya sudah banyak yang onboard atau sudah ada dalam mainboard, tetapi kadang kita memerlukan kualitas kartu grafis yang bagus dan canggih. Untuk VGA ini merupakan pilihan optional, Jika anda butuh anda bisa membelinya dan jika tidak cukup dengan VGA yang onboard saja. Harga VGA ini bervariasi tergantung merk, kualitas dan resolusinya. Semakin tinggi resolusinya, maka semakin mahal harganya. Kartu VGA standar saat ini harganya diperkirakan sekitar RP. 750.000,.

f. Hardisk
Hardisk dengan kapasitas diatas 120Gb harganya sudah mulai murah dan biasanya semakin tinggi kapasitasnya harganya pun semakin mahal. Selain itu merk sebuah harddisk juga sangat menentukan. Jika anda merakit komputer gunakan hardisk yang kapasitasny diatas 120Gb. Harddisk dengan kapasitas tersebut diperkirakan harganya RP.400.000,-

g. DVD-Rom Drwive.
Saat ini CD-ROM sudah mulai banyak ditinggalkan, karena DVD-ROM-RW harganya juga sudah mulai murah. Disarankan untuk merakit PC sebaiknya gunakan DVD-ROM-RW yang harganya sekitar Rp. 200000.

h. Sound Card
Sound Card berfungsi untuk mengeluarkan suara, sebenarnya sound card ini umumnya sudah onboard  jadi tidak perlu membelinya secara terpisah, namun apabila anda menginginkan sound card yang canggih dan membeli secara terpisah, sound card ini harganya diperkirakan sekitar Rp. 500.000,-.

i. Modem (Modulasi de modulasi)
Modem ini sangat diperlukan apabila anda akan menggunakan fasilitas internet dialup. Namun saat ini tampaknya keneksi internet dengan cara dial up sudah jarang ditemui. Secara umum modem sudah onboard atau include di mainboard. Namun apabila ingin membelinya harga modem internal sekitar Rp. 150.000,- dan untuk modem eksternal sejitar Rp. 550.000,-.

j. Monitor
Monitor saat ini sudah bervariasi dan sudah zamannya flat dan LCD. Harga monitor LCD 15’ sudah sangat murah dengan merk yang cukup terkenal. Untuk itu disarankan jika anda akan merakit komputer gunakan monitor LCD. Untuk harganya diperkirakan sekitar Rp. 1000.000,- keatas.

k. KeyboardUntuk merk dan jenis keyboard saat ini sangat bervariasi dengan harga yang bervariasi pula. Untuk kelas atas harga keyboard bisa mencapai Rp. 750.000,- namun ada juga yang hanya dibawah Rp. 50.000,- Disini anda tinggal memimilih tergantung keperluan dan dana yang tersedia.

l. Mouse
Mouse juga bervariatif baik dari segi harga, merk dan kualitas. Jika anda akan menggunakan mouse yang berkualitas, anda bisa membeli mouse wireless atau jenis yang lain. Harga mouse ini cukup bervariasi mulai dari Rp. 25.000,- sampai dengan Rp. 750.000,- sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana.

m. Joystick
Piranti ini sangat diperlukan jika anda hobi bermain game atau permainan simulator dan permainan lainnya. Harga joystick bervariasi mulai dari Rp. 150.000,- sampai 750.000. Disini lago-lagi tergantung merk, jenis dan kualitasnya.

n. Printer
Jika anda ingin membeli printer kualitas tinggi, misalnya laser printer berwarna tentu memerlukan biaya yang cukup tinggi. Namun jika hanya untuk keperluan standard cukup menggunakan printer warna dengan kualitas standar, harga pun tidak terlalu mahal diperkirakan sekitar Rp. 750.000,-.

o. NIC atau kartu jaringan
Saat ini kartu jaringan sudah onboard jadi anda tidak perlu lagi untuk memasang NIC yang terpisah, namun apabila anda ingin menambahkan kembali NIC anda juga bisa membelinya. Untuk harga tergantung merk dan jenis serta kualitas. Saat ini harga NIC bermerk diperkirakan sekitar Rp. 200.000,-

Nah, untuk komponen-komponen hardware diatas dapat dipertimbangkan kembali untuk dibeli jika anda ingin merakit komputer sendiri. Namun untuk membeli komponen hardware yang umum anda cukup mempersiapkan biaya sekitar Rp. 5.000.000,- dengan harga tersebut anda sudah mendapatkan komputer dengan kualitas tinggi. Jika anda mempunyai dana sekitar Rp. 3.500.000,- sebenarnya sudah bisa merakit komputer sendiri, namun tentu saja kualitasnya kurang begitu sempurna.

Harga diatas merupakan gambaran saja, karena harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah naik ataupun turun. Semua harga komponen hardware tersebut sangat dipengaruhi oleh nilai tukar dollar terhadap rupiah. Nah, itulah sedikit gambaran harga bagi anda yang ingin merakit komputer sendiri. Demikianlah artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi anda semua.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:26:00

10 komentar:

  1. wah infonya bermanfaat sekali gam, setidaknya dengan begitu kita bis memperkirakan, kira-kira berapa uang yang harus dipersiapkan untuk merakit komputer.

    ReplyDelete
  2. tapi masih bingung kalo merakit pc sendiri, kalo pc yang udah jadi harganya berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung spesifikasi dan budget yg kita miliki gan, biasanya toko udh menyediakan paket pc rakitan sesuai spek,.PC rakitan harga 3jt-an juga sudah bagus

      Delete
  3. Infonya Bermanfaat sekali gan, Terimakasih

    ReplyDelete
  4. tanks infonya gan

    ReplyDelete
  5. Gan boleh minta tolong ga? Jadi aku ada tugas dri kampus untuk buat rincian biaya dan berbagai merk dan spesifikasi yg dipake untuk rakit pc dengan intel core i5 760 2,8Ghz 8mb LGA115. Bisa tolong bantu saya gan?

    ReplyDelete
  6. Wah gan power supplynya kok ga ada. Lupa ya. Wkwk.

    ReplyDelete
  7. Sangat sangat membantu gan, thank's untuk info nya gan

    ReplyDelete