Jenis-Jenis Keyboard Pada Komputer (Lengkap Dengan Gambar)

Posted by Ashari

Macam-Macam Keyboard Pada Komputer. Jika kita mendengar kata keyboard tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada komputer. Seperti kita ketahui bahwa keyboard merupakan salah satu perangkat keras pada komputer yang memiliki peranan penting. Definisi keyboard adalah suatu alat input yang terdapat pada komputer  untuk memasukan perintah atau instruksi. Bentuk keyboard sendiri berupa papan tombol yang didalamnya terdiri dari tombol huruf, angka, simbol dan karakter-karakter khusus.

Terdapat beragam jenis keyboard yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal memberikan kemudahan dalam mengetik atau menginputkan perintah, baik itu berupa huruf, angka atau perintah lainnya.

jenis-jenis keyboard komputer

Dalam keyboard terdapat tombol-tombol seperti tombol huruf yang terdiri dari huruf A-Z dan a-z, tombol angka dari 0-9 dan tombol untuk menginputkan karakter-karakter khusus seperti @!#%^**<>?., serta tombol khusus lainnya.

Pada saat ini terdapat keyboard komputer yang bentuknya bervariatif, tetapi pada umumnya bentuk keyboard biasanya berbentuk persegi panjang. Ada berbagai jenis keyboard, tetapi yang paling banyak digunakan adalah keyboard untuk jenis Qwerty yang terdiri dari 101 key (tombol).

Dibawah ini akan dipaparkan penjelasan mengenai macam-macam keyboard dengan jenis yang berbeda pula.

1. Keyboard Berdasarkan Port


a. Keyboard Serial

 

Pada jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. DIN 5 Male adalah port serial yang mrmiliki 5 jarum yang berfungsi untuk menghubungkan antara keyboard dengan komputer.Untuk zaman sekarang, jenis keyboard ini jarang sekali digunakan. Keyboard serial digunakan untuk komputer jenis AT.

Port yang terdapat pada keyboard ini memiliki ukuran yang besar dan kabelnya pun cukup tebal sehingga berbeda dengan keyboard-keyboard lainnya.

b. Keyboard PS/2


Keyboard PS/2 biasa digunakan untuk komputer desktop jenis ATX dan keyboard jenis ini masih banyak digunakan hingga sekarang. Port untuk keyboard PS/2 biasanya berwarna ungu. Dalam pemasangannya, keyboard ini harus ditancapkan ke port yang berwarna ungu pada motherboard. Dalam memasangnya pun butuh ketelitian, jangan sampai Anda menghungkan ke port berwarna hijau, karena warna hijau adalah port untuk memasang mouse jenis PS/2.

c. Keyboard USB



Jenis keyboard yang satu ini menggunakan port USB (Universal Serial Bus). Keyboard USB merupakan keyboard yang paling banyak digunakan karena dalam pemasangannya sangat mudah bila dibandingkan dengan keyboard yang lainnya. Keyboard ini sangat cocok bagi pengguna komputer desktop maupun laptop. Selain itu jenis keyboard USB juga menjamin proses pengiriman data yang cepat.

d. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard jenis ini merupakan keyboard yang dalam pemasangannya tidak menggunakan kabel (nirkabel). Dalam pengiriman datanya, keyboard ini menggunakan media sinyal seperti wireless, infra red dan bluetooth sebagai koneksinya.

Dalam menghubungkannya dibutuhkan alat pemancar dan penerima. Hingga saat ini keyboard jenis wireless masih menjadi favorit pengguna komputer maupun laptop karena keyboard ini dianggap praktis tanpa harus repot menggunakan kabel.

2. Keyboard Berdasarkan Bentuk dan Tombol


a. Keyboard Qwerty

Jenis keyboard Qwerty diciptakan pada tahun 1878 oleh Scholes, Gildden dan Soule. Pada tahun 1905, keyboard Qwerty telah menjadi standar mesin tik komersial. Keyboard ini disusun 6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik.



Pada desain keyboard Qwerty, key yang paling banyak digunakan ditempatkan secara terpisah untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pengetikan dan juga untuk meminimalisir kemacetan. Hingga saat ini keyboard jenis qwerty masih menjadi keyboard yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia.


Baca Juga : Pengertian Keyboard dan Fungsi Keyboard

Meskipun dirancang sedemikian rupa, pada keyboard Qwerty masih ditemukan beberapa kelemahan. Kelemahan dari keyboard ini adalah beban tangan kiri lebih besar bila dibandingkan dengan penggunaan tangan kanan. Contohnya huruf "a" yang paling banyak digunakan diketik dengan menggunakan tangan kiri oleh jari kelingking.

2. Keyboard Dvorak

Keyboard Dvorak diciptakan pada tahun 1932. Susunan huruf pada keyboard Dvorak dibuat dengan lebih banyak membebankan tangan kanan dibandingkan dengan penggunaan tangan kiri. Untuk tata letaknya, keyboard ini dirancang 70% ketukan jatuh pada home row sehingga dapat mengurangi kelelahan bagi pengguna dalam melakukan pengetikan.



Hasil percobaan menunjukan bahwa, keyboard Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibandingkan dengan keyboard Qwerty. Untuk pengguna keyboard ini jumlahnya masih sedikit dan hanya dominan digunakan oleh pengguna yang berasal dari Amerika.

C. Keyboard Klockenberg

Keyboard Klockenberg diciptakan untuk menyempurnakan dari keyboard-keyboard yang sebelumnya. Keyboard ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan dibuat miring kebawah dan dipisahkan dengan sudut 15 derajat. Tombol-tombol pada keyboard Klockenberg dibuat lebih tipis, hal ini membuat penggunaannya lebih nyaman.


 Tata letak keyboard Klockenberg didesain untuk mengurangi beban otot pada jari, tangan dan bahu pengguna sehingga dalam penggunaanya lebih nyaman dan tidak membuat lelah pengguna. Kekurangan dari keyboard Klockenberg adalah lebih memakan banyak ruang karena keyboard tersebut dipisahkan menjadi dua bagian.

D. Keyboard Maltron


Bentuk Keyboard Maltron berbeda dengan keyboard pada umumnya. Keyboard jenis ini dibuat dengan bentuk cekung kedalam, tujuannya adalah agar jari-jari pengguna tidak dalam posisi satu garis lurus. Dengan desain keyboard tersebut, produsen keyboard Maltron menyatakan bahwa keyboard ini akan memberikan kenyamanan pengguna dalam melakukan pengetikan, sehingga pengguna akan terhindar dari RSI (Repetitive Stress Injuries). Selain itu, dengan bentuk keyboard yang unik, maka mengetik dengan menggunakan 10 jari akan lebih cepat bila dibandingkan dengan mengetik dengan menggunakan 8 jari.

E. Keyboard Chord


Keyboard tipe ini hanya memiliki 4-5 tombol saja. Jika Anda ingin memasukan huruf lainnya, maka harus menekan tombol secara bersamaan. Keyboard Chord sangat cocok sangat cocok untuk aplikasu yang portable, karena ukurannya yang kompak. Keyboard jenis ini masih kurang populer karena jika dipakai dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan kelelahan pada tangan.

Terdapat 2 macam untuk keyboard Chord

1. Keyboard Palantype

Pada keyboard ini memiliki 3 kelompok karakter. Kelompok bagian kiri terdiri dari huruf konsonan awal, kelompok bagian tengah terdiri dari huruf vokal dan kelompok bagian kanan terdiri dari huruf konsonan akhir.

2. Keyboard Stenotype



Steno adalah jenis tulisan singkat untuk mencatat ucapan seseorang. Keyboard jenis Stenotype banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat berita agar pekerjaan lebih mudah dan cepat bila digunakan.

F. Keyboard Alphabetik

Jenis keyboard yang berikutnya adalah Keyboard Alphabetik. Tombol keyboard jenis ini disusun berdasarkan susunan huruf alphabet. Keyboard ini hampir sama dengan keyboard Qwerty dan Dvorak, hanya susunan tombolnya saja yang berbeda.



Keyboard Alphabetik sering banyak ditemui pada mainan anak-anak karena memudahkan bagi anak untuk belajar mengenal huruf-huruf. Hasil pengujian membuktikan bahwa penggunaan keyboard alphabetik memperlambat dalam pengetikan karena susunan tata letaknya.

G. Keyboard Numerik


Keyboard numerik adalah jenis keyboard yang dirancang untuk menginputkan angka. Keyboard ini diciptakan untuk memasukan bilangan yang jumlahnya besar. Untuk susunannya tombolnya sendiri dibuat secara berdekatan yang bertujuan agar mudah dijangkau. Keyboard ini sangat cocok digunakan oleh para accounting dalam memasukan bilangan yang lebih besar. Penggunaannya pun lebih mudah dan fleksibel sehingga membuat pekerjaan lebih cepat selesai.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:22:00

0 komentar:

Post a Comment