Cara Menggunakan Komputer Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Posted by Ashari

Cara Menggunakan Komputer. Di era modern yang serba canggih seperti sekarang ini, menggunakan komputer sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Jika dulu, menggunakan komputer atau laptop hanya digunakan oleh sebagian kalangan saja seperti orang kantoran dan pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Tapi kini komputer telah digunakan oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak kecil, dewasa hingga orang tua.


Bagi Anda sebagai pengguna komputer pemula mungkin akan mengalami kesulitan tentang bagaimana menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai dengan prosedur. Mungkin Anda sebagai pemula akan kebingungan ketika melihat tombol-tombol yang terdapat pada komputer. Ditambah lagi banyaknya perintah-perintah yang akan menambah kesulitan Anda dalam menggunakan komputer.

Pada dasarnya mengoperasikan komputer tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Anda tidak perlu memiliki pendidikan khusus agar Anda dapat mengoperasikan komputer. Anda hanya cukup dengan bisa membaca dan menulis pun, Anda sudah dapat mengoperasikan komputer dengan memahami perintah-perintah dasar pada komputer.

Pada kesempatan kali ini Saya akan men-share kepada Anda semua khususnya bagi pengguna komputer pemula tentang cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai dengan prosedur. Silakan Anda simak baik-baik penjelasan dibawah ini.

1. Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan komputer

Sebelum Anda menggunakan komputer tentunya ada hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Hal tersebut berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan Anda dalam menggunakan komputer. Karena bagaimanapun keselamatan adalah yang utama. Hal ini untuk menghindari Anda dari kecelakaan saat Anda mengoperasikan komputer. Hal-hal yang harus diperhatikan tersebut antara lain :

1. Pastikan Perangkat-Perangkat Komputer Telah Terpasang

Sebelum menggunakan komputer, ada baiknya kita harus memastikan bahwa perangkat-perangkat komputer telah terpasang dengan benar seperti mouse, keyboard, monitor, CPU, kabel power dan lain sebagainya. Karena komputer merupakan sekumpulan komponen elektronik, maka semuanya harus terpasang dengan baik dan benar.

2. Memperhatikan Aliran Arus Listrik

Perangkat komputer merupakan benda elektronik yang membutuhkan aliran listrik jika akan dinyalakan. Sebelum Anda menyalakan komputer yang harus Anda lakukan adalah menyambungkan kabel power komputer ke colokan listrik. Anda juga harus memastikan jika daya listrik di rumah Anda memadai. Jika daya listrik di rumah kecil, Anda harus menambah daya listrik rumah Anda untuk menghindari gangguan pada saat menggunakan komputer.

3. Stabilizer

Salah satu perangkat tambahan yang harus tersedia adalah adanya alat untuk menstabilkan  listrik. Hal ini dilakukan karena tegangan listrik yang terpasang terkadang naik turun. Jika tidak dikhawatirkan perangkat komputer Anda akan cepat rusak karena masalah tegangan listrik yang naik turun. Untuk itu Anda bisa memasang alat stabillizer atau UPS yang berfungsi agar aliran listrik ke komputer tetap stabil meskipun tegangan listrik dari PLN terkadang naik turun.

2. Menyalakan Komputer

Setelah Anda memperhatikan hal-hal diatas, kini saatnya Anda untuk menyalakan komputer. Pada dasarnya untuk menyalakan sebuah komputer tidaklah sesulit yang kita bayangkan asalkan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Berikut adalah langkah-langkah menyalakan komputer dengan baik dan benar.

Berikut adalah cara menghidupkan komputer yang baik dan benar.

  1. Tancapkan kabel power yang ada di CPU dan monitor pada stabillizer atau UPS. Kemudian tancapkan juga kabel power pada stabillizer atau UPS ke colokan listrik langsung.
  2. Tekan tombol power yang berwarna merah pada stabillizer untuk menghidupkannya. Jika Anda menggunakan UPS, langkahnya sama yaitu dengan menekan tombol power pada UPS dan lampu indikator pun akan menyala.
  3. Kemudian tekan tombol power yang terdapat pada CPU. Biasanya ditandai dengan lampu indikator akan menyala dan juga kipas di dalam CPU akan berputar.
  4. Langkah terakhir yaitu menyalakan monitor dengan cara menekan tombol power, biasanya lampu power pada monitor akan menyala setelah tombol power dinyalakan.
  5. Selanjutnya kita tunggu proses booting dan POST komputer yaitu pengecekan komponen-komponen pada komputer seperti harddisk, DVD Room, RAM dan yang lainnya. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan desktop.

Sampai disini Anda telah berhasil menyalakan komputer dengan baik dan benar. Anda tinggal menggunakan dan mengoperasikan komputer yang telah menyala tersebut.

3. Mengoperasikan Komputer

Setelah komputer menyala, maka Anda dapat mengoperasikan dan menggunakan komputer Anda. Anda bisa menggunakan komputer sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Jika untuk membantu meringankan tugas kantor seperti mengetik dan perhitungan, Anda bisa menggunakan program aplikasi seperti Microsoft Office yang didalamnya terdapat software seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point dan software lainnya yang dikemas dalam satu paket.

Baca Juga : Cara Mudah Menonaktifkan Windows Update Pada Windows 7 (Lengkap Dengan Gambar)

Jika Anda seorang programmer, Anda bisa menggunakan program Visual Basic, C++, Visual Delphi, Java dan yang lainnya. Jiga Anda seorang yang bekerja dibidang design grafis, Anda bisa menggunakan program Corel Draw, Adobe Photoshop, 3D Max dan program design lainnya.

Komputer juga bisa Anda jadikan sebagai media hiburan seperti internet, menonton film, mendengarkan musik, main games dan segudang manfaat lainnya yang bisa Anda operasikan pada komputer.

4. Mematikan Komputer

Dalam mematikan komputer tidak seperti alat elktronik lainnya seperti televisi yang cukup Anda matikan dengan menekan tombol power pada remote tv. Berbeda dengan komputer, ada langkah khusus dalam proses mematikan komputer. Berikut adalah langkah-langkah dalam mematikan komputer yang baik dan benar.

Cara mematikan komputer pada Windows XP, Vista dan 7

1. Pastikan semua program telah ditutup.
2. Klik tombol Start atau logo Windows yang terdapat di pojok kiri bawah.
3. Pilih Shutdown kemudian tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.

Cara mematikan komputer pada Windows 8.

1. Arahkan mouse ke pojok bawah kanan.
2. Pilih menu setting, kemudian klik power lalu pilih shutdown.
3. Tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.
4. Setelah komputer benar-benar telah mati, tekan tombol power pada stabillizer/UPS, Monitor, speaker dan perangkat pendukung komputer lainnya.
5. Lepaskan kabel power yang terhubung pada stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat listrik dan menghindari terjadinya korsleting pada listrik.

Itulah pembahasan singkat mengenai Cara Menggunakan Komputer yang baik dan benar. Ingat, jika Anda menggunakan komputer sesuai dengan prosedur, maka akan membuat komputer Anda lebih awer dan tahan lama serta memperpanjang umur komputer tersebut.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 23:07:00

6 komentar:

  1. terimakasih informasinya... ijin sher gan,,
    jangan lupa kunjungi balik link kami http://idblackwalet.com/

    ReplyDelete
  2. terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat & berguna sekali khususnya untuk pegguna komputer bagi pemula :)

    salam kenal kak nama saya Aas Santriya dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  3. Trims untuk sharingnya ya...
    Ditunggu kunjungan balik ke web saya...
    Cek di : https://tinyurl.com/AgresID

    ReplyDelete