Manfaat Dan Fungsi Komputer

Posted by Ashari

Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Dari Komputer (PC). Di era modern sekarang ini peran komputer telah menjadi bagian penting bagi manusia dalam melakukan segala aktivitasnya. Dimasa kini peran komputer sangat vital dan pengaruhnya pun telah menjalar hingga ke semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa telah memanfaatkan komputer untuk berbagai keperluan.


Jika dulu diawal perkembangannya, fungsi komputer hanya digunakan sebagai alat hitung aritmatika. Berbeda dengan sekarang, kegunaan komputer yang memiliki multifungsi. Selain itu, awal diciptakan komputer hanya dimanfaatkan oleh kalangan pelaku bisnis dan lembaga pemerintahan saja, tetapi sekarang penggunaan komputer bisa kita temukan di sekolah, universitas, kantor dan bahkan setiap rumah pun telah memiliki komputer.

Seiring dengan banyaknya pengguna komputer di dunia, tentu saja banyak manfaat dari penggunaan komputer tersebut. Tahukah Anda apa saja fungsi atau manfaat dari komputer, tentu saja masing-masing pengguna komputer memiliki perbedaan terkait dengan kegunaan dari komputer. Hal ini tergantung dari maksud dan tujuan orang tersebut dalam menggunakan komputer.

Manfaat Komputer


1. Media untuk mempermudah pekerjaan.


Manfaat komputer yang pertama dari komputer adalah untuk mempermudah pekerjaan. Sejak awal penciptaannya, komputer memang dirancang untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan memanfaatkan komputer, pekerjaan akan semakin mudah, cepat, menghemat waktu, biaya dan tenaga.

Dengan adanya komputer, pekerjaan yang awalnya dikerjakan secara manual akan lebih efisien bila dikerjakan secara terkomputerisasi. Dengan Pekerjaan yang terkomputerisasi, tidak ada lagi berkas-berkas yang menumpuk karena komputer dapat menyimpan file di dalam hardisk dan mudah untuk mencarinya.

2. Media untuk mencari informasi


Seiring semakin pesatnya perkembangan komputer didukung dengan adanya jaringan internet, maka fungsi komputer tidak hanya untuk memudahkan pekerjaan saja, tetapi betambah menjadi media untuk mencari informasi.

Dengan memanfaatkan komputer yang terhubung dengan jaringan internet kita akan dengan mudah dalam menemukan informasi. Hanya dengan memasukan kata kunci yang kita cari di search engine, dalam hitungan detik informasi yang kita cari akan muncul di halaman search engine (mesin pencari). Banyak situs mesin pencari yang populer dan dijamin keakuratannya seperti google, yahoo, bing dan yang lainnya.

Kini Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk bertanya kepada orang atau mencari di buku dalam mencari informasi tertentu. Semua informasi telah tersedia hanya dengan memanfaatkan komputer yang telah terhububg dengab internet.

3. Sarana penunjang pendidikan


Bagi sebagian orang yang berprofesi guru seperi saya, peran komputer sangat membantu sekali dalam menyampaikan materi pendidikan yang berbasis IT. Dengan menggunakan komputer sebagai media dalam pembelajaran, suasana menjadi lebih hidup dan tidak lagi monoton dengan ceramah di depan kelas. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

Bagi siswa sendiri, manfaat komputer sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar. Berkat adanya aplikasi-aplikasi pintar yang dipasang di dalam komputer, siswa menjadi lebih mudah dalam menggali ilmu. Peran buku manual pun dapat diganti dengan buku elektronik (ebook), bahkan sebagian sekolah-sekolah telah menerapkan pepustakaan digital yaitu perpustakaan yang berbasis komputer. Dengan berubahnya stigma pendidikan yang berbasis komputer, diharapkan dapat memudahkan bagi guru dan siswa dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar.

4. Media komunikasi


Jika dulu orang hanya memanfaatkan telepon dan radio sebagai alat komunikasi, tetapi kini komputer bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung dengan jaringan internet, kita dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer lain.
Kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh sekalipun. Kita bisa berkomunikasi lewat tulisan, suara bahkan kita bisa bertatap muka langsung melalui fasilitas video streaming. Dengan makin merebaknya aplikasi-aplikasi chatting dalam komputer, kini semakin mudah orang untuk melakukan komunikasi.

5. Media Hiburan


Manfaat komputer yang berikutnya adalah sebagai media hiburan. Komputer tidak hanya berfungsi untuk membantu dalam suatu aktivitas yang serius, tetapi juga bisa digunakan sebagai alat atau media untuk hiburan.

Ada berbagai jenis hiburan yang bisa kita manfaatkan dari komputer, seperti menonton film atau video, bermain game, mendengarkan musik. Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan internet, maka banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.

6. Lahan Usaha


Meskipun untuk memiliki sebuah komputer kita harus merogoh kocek yang mahal, tapi disisi lain komputet juga bisa kita manfaatkan untuk mencari uang yaitu dengan membuka usaha. Ada banyak lahan usaha yang memanfaatkan komputer, usaha tersebut antara lain rental komputer, warnet, kursus komputer, programmer, video editing, percetakan dan lain sebagainya.
Apalagi di jaman sekarang telah menjamur suatu bisnis yang memanfaatkan komputer untuk jual beli yang disebut bisnis online. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung internet, kita bisa menjual produk kita yang tentunya dapat menghemat biaya, tempat, uang dan tenaga. Hanya dengan duduk manis di depan layar komputer, dengan sendirinya pembeli akan memesan barang yang akan mereka beli.

7. Alat Kontrol


Manfaat komputer di zaman sekarang dapat dijadikan sebagai alat kontrol dalam berbagai hal. Mulai dari mengontrol bisnis di suatu perusahaan, mengontrol keuangan hingga mengontrol alat-alat yang lainnya yang sudah terintegrasi dengan komputer. Berkat adanya komputer, segala aktivitas bisa dikontrol dengan mudah tanpa memikirkan ruang dan waktu.


Contoh penggunaan komputer sebagai alat kontrol bisa kita lihat di pabrik-pabrik yang memanfaatkan komputer untuk mengontrol penggunaan alat-alat produksi yang digunakannya. Contoh berikutnya juga bisa kita temui di Rumah Sakit yang menggunakan komputer untuk mengontrol kesehatan seseorang. Contoh lainnya adalah seorang pengusaha dapat mengontrol kegiatan bisnisnya walaupun pengusaha tersebut berada di tempat yang sangat jauh.

Itulah beberapa manfaat dan fungsi dari komputer. Manfaat komputer yang Saya tulis disini hanyalah sebagian saja, masih banyak manfaat lain dari komputer. Pada intinya manfaat komputer dapat dirasakan oleh setiap orang yang menggunakannya. Tentunya dalam penggunaan komputer dikembalikan kepada pribadi masing-masing, apakah penggunaan komputer itu untuk hal-hal yang positif atau malah menggunakan komputer untuk hal-hal yang negatif. Pada akhirnya kebijakan pengguna komputerlah yang menjadi penentu dalam memanfaatkan komputer.

Semoga bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:22:00

4 komentar: