Cara Menginstal Windows 7 Dengan Mudah di PC/Laptop (Plus Gambar Lengkap)

Posted by Ashari

Step by step Instal Windows 7. Sebelum melakukan instalasi Windows 7, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu segala hal tentang Windows 7. Microsoft Windows 7 merupakan sistem operasi yang di produksi oleh Microsoft Corp. Microsoft Windows 7 ini mempunyai banyak fitur baru, walaupun relatif masih dekat dengan Windows Vista, tetapi di Windows 7 semua kemampuan yang ada di Windows Vista sudah disempurnakan.


Pada Windows 7, walaupun Microsoft tidak banyak merombak tampilan desktop, tetapi fasilitas yang ada lebih disempurnakan, juga dengan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu tentu saja Microsoft telah menambah berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan disetiap jendela. Walaupun Windows 7 bukan merupakan suatu revolusi tetapi tetap saja kehadirannya akan mengguncang sistem operasi dunia di masa yang akan datang.

Ada satu hal yang cukup menarik dari Windows 7 ini antara lain "Process Reflection". Dengan fasilitas ini akan mengurangi gangguan yang disebabkan oleh diagnostik. Sebagai contoh, apabila terjadi sebuah precess yang mengalami kegagalan, maka Windows 7 akan menangkap isi proses yang gagal dari memori untuk kemudian direplikasi melalui semacam "kloning". Prosesyang gagal akan didiagnosa dan disaat yang bersamaan aplikasi pengguna (dalam proses yang telah direplikasi) sehingga dapat terus berjalan sehingga pemakai akan tetap produktif menggunakan aplikasi ketika Windows 7 menganalisa kegagalan proses. Itu merupakansalah satu fitur andalan dari Windows 7, dan tentu saja masih banyak fitur-fitur lainnya.

Seperti halnya Windows Vista, sistem operasi ini juga memiliki beberap fitur yang spesifik terkait dengan deaign grafis dan animasi. Pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan para pelaku bisnis lainnya. Interface yang disebut dengan Windows Aero juga tetap hadir dengan memberikan pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini Windows 7 juga menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis, animasi yang halus dengan navigasi fitur-fitur 3D desktop Windows Flip and Flip yanh semakin sempurna.

Jika Anda sudah memanfaatkan kecanggihan Windows Vista, Windows 7 juga tetapendukung kinerjanya, system ini memiliki beberapa fitur khusus seperti Windows Bitlocker Drive Encryption tetapi sudah semakin sempurna. Fitur ini berfungsi untuk melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain apabila komputer tersebut hilang.

Kelemahan Windows selama ini adalah karena ia mudah diserang virus, hal ini wajar karena ia banyak digunakan oleh para IT User jadi banyak orang sudah mengerti tentang bahasa programnya. Ia juga tidak bisa dikembangkan secara mandiri dan harus menunggu Microsoft, tidak ada source code-nya, disamping itu pula ia dikenal sebagai OS yang mudah hang walau juga dikenal mudah untuk memperbaikinya, hardware conflict adakalanya terjadi pada Windows karena ia bisa di injekkan pada komputer rakitan.

Persyaratan System


Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP, ada yang 32 bit dan 64 bit. Begitu juga dengan Windows Vista yang tersedia untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara speaifik untuk komputer-komputer standar, sementara versi 64-bit disiapkan untuk segmentasi menengah keatas.

Untuk menjalankan Windows 7 diperlukan hardware minimal dengan RAM minimal 512 MB, kartu grafis atau VGA yang mendukung Direct 9.0, dan prosesor Intel Pentium Centrino atau AMD generasi terbaru. Namun jika Anda memiliki komputer Laptop dengan spesifikasi Pentium Centrino 1,6 Gbyte dengan RAM 512 MB sudah pasti bisa menjalankan Windows 7. Namun untuk mendapatkan sistem operasi yang benar-benar canggih disarankan menggunakan RAM diatas 1 Gbyte.

Kebutuhan harddisk juga cukup lumayan besar. Dalam hal ini, Windows 7 memerlukan minimal 10Gbyte. Sebenarnya untuk Windows 7 sendiri cukup dengan space 6-7 GB, tetapi apabila ada penambahan software jelas memerlukan space tambahan sampai dengan 10 Gbyte.

Hardware lain yang juga harus diperhatikanadalah katu grafis atau VGA Card. Untuk menginstal Windows 7 sebaiknya menggunakan kartu grafik minimal 64 MB dan disarankan yang lebih tinggi agar menghasilkan kualitas tampilan yang memuaskan. Begitu juga dengan resolusi monitor harus diperhatikan. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan kartu grafik yang digunakan.

Hardware lain yang diperlukan untuk memasang Microsoft Windows 7 adalah DVD-ROM Drive. Karena Windows 7 tersimpan dalam DVD-ROM. Jika perlu Anda juga bisa melengkapi hardware lain seperti speaker, mikrophon, webcamera dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan Instalasi Windows ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan terlebih dahulu.1. Backup data-data yang menurut anda penting.
2. Siapkan master Windows 7 dan Serial Number
3. Apabila anda menginstal Windows 7 di Laptop atau Netbook, pastikan terhubung dengan charger untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu proses Instalasi.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja


1. Berdo’alah sebelum memulai kegiatan.
2. Bacalah dan pahami petunjuk praktikum pada setiap lembar kegiatan belajar.
3. Pastikan komputer dalam keadaan baik, semua kabel penghubung terkoneksi dengan baik.
4. Jangan meletakkan benda yang dapat mengeluarkan medan elektromagnetik di dekat komputer (magnet, handphone, dan sebagainya).
5. Gunakanlah komputer sesuai fungsinya dengan hati-hati.
6. Setelah selesai, matikan komputer dengan benar.

Langkah-Langkah Instal Windows 7


1. Langkah pertama masukan Master Windows 7 ke DVD Room
 
2.Langkah berikutnya dalam Instalasi Windows 7 adalah mengatur settingan BIOS agar komputer dapat booting melalui DVD. Untuk masuk ke BIOS, pada saat menyalakan komputer umumnya dengan tekan tombol F2 atau Delete pada papan keyboard, atau bisa disesuaikan dengan jenis motherboard. Maka akan tampil seperti dibawah ini.


3. Setelah masuk ke BIOS, pilih tab Boot dengan cara menekan tombol panah. Kemudian ganti 1st Boot Device dari Floppy Drive menjadi CD/DVD-Room dengan cara menekan tombol -/+  kemudian tekan Enter.

4. Setelah itu tekan tombol F10 maka akan muncul kotak dialog Save configuration changes and exit now lalu pilih OK.


5. Jika muncul perintah Press any key to boot from CD or DVD Anda tinggal menekan tombol apa saja, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


 6. Untuk pilihan abaikan saja, Anda bisa lanjut dengan pilih Next


 7. Berikutnya adalah muncul tampilan Instal Windows, Anda tinggal klik Instal now


8. Pada bagian berikutnya pilih Custom (Advanced), maka akan muncul tampilan dimana kita memilih drive yang akan diinstal


9. Pilih Partisi yang akan di isi dengan Windows 7, karena ini hanya ada 1 partisi, maka langsung saja, tetapi di laptop/PC anda pasti ada beberapa partisi, pilih yang partisi C, sekitar 100GB, bisa di cek di MyComputer.Windows akan melakukan proses Instalasi.

Sampai disini Anda tidak perlu mengerjakan apapun tinggal menunggu proses pengopian file, lalu dilanjutkan dengan proses Expanding file sampai dengan 100%, selanjutnya proses instalasi fitur, instalasi update dan diakhiri dengan proses untuk melengkapi berbagai komponen untuk Windows 7 yang akan digunakan. Kemudian secara otomatis komputer Anda akan melakukan booting dan Anda tinggal menunggu proses instalasi tersebut sampai dengan selesai.
Setelah proses booting Windows 7 akan terus berlanjut dengan melengkapi komponen yang akan diinstalasi ke komputer Anda. Proses ini memerlukan waktu minimal 20 sampai 30 menit tergantung komputer yang digunkan akan semakin cepat proses instalasi ini.
Anda bisa mengerjakan hal-hal lain untuk menunggu proses ini sampai dengan selesai. Setelah proses ini selesai secara otomatis, komputer Anda akan melakukan booting kembali dan Anda tinggal menunggu tampilan berikutnya dari Windows 7 yang sedang Anda instalasi.

Memulai Windows 7

Setelah proses instalasi selesai dilaksanakan dan komputer telah melakukan booting, maka sekarang Anda sudah siap untuk masuk ke lingkungan desktop Windows 7. Namun sebelumnya Anda harus memasukan Username dan Password Anda. Selain itu juga harus menetukan nama komputer dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Dari tampilan awal tersebut Anda ketikan Username Anda (Akun)


2. Kemudian ketikan tipe dari komputer Anda atau bisa juga mengikuti username yang Anda masukan, namun demikian Anda juga bisa menuliskannya secara manual, misalnya LAPTOP-KU. Jika sudah silakan pilih tombol Next.




 3. Masukan Password jika anda ingin menggunakan password di komputer Anda, jika tidak langsung saja pilih Next.


 4. Masukan Serial Number lalu klik Next


 5. Pilih opsi untuk fasilitas Windows update yang Anda inginkan. Anda bisa pilih Ask me later.


 6. Pilih zona waktu sesuai dengan tempat tinggal Anda dan tunggu beberapa saat.



Kini Windows 7 telah terpasang di Komputer/Laptop Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil :) .


Demo Blog NJW V2 Updated at: 23:54:00

1 komentar:

  1. Postnya cukup bermanfaat :D
    Permisi ya numpang posting

    Terima jasa pembuatan software komputer/sistem informasi (sistem informasi hotel, guest house, klinik, akademik sekolah, dll). Hubungi Fernandes 083834375641/ 75286D3B/ http://cvelecomp.com

    ReplyDelete