Pengertian Mouse dan Fungsi Mouse Dalam Penggunaan Komputer

Posted by Ashari

Pengertian Mouse dan Fungsi Mouse. Mouse adalah salah satu perangkat keras yang terdapat pada komputer. Pengertian mouse sendiri adalah device komputer yang termasuk kedalam alat input yang berfungsi untuk mengatur dan mengarahkan kursor (pointer) dalam melaksanakan perintah pada komputer. Secara bahasa "Mouse" memiliki arti Tikus. Dinamakan Mouse (tikus) karena bentuknya seperti tikus dan mempunyai kabel yang mirip dengan tikus. Selain itu, cara kerja mouse seperti tikus yang suka menyelinap.



Mouse pertama kali diciptakan oleh seorang Amerika yang bernama Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute yaitu pada tahun 1963. Pada awal penciptaannya, bentuk mouse sangat sederhana yaitu terbuat dari kayu yang memiliki satu tombol kecil di kanan atasnya dan memiliki 2 roda yang terbuat dari besi pada bagian dalamnya.

Mouse pertama kali dipasarkan pada tahun 1981, yang saat itu dijual dalam satu paket komputer jenis Xerox Star. Kemudian mouse dikembangkan oleh Apple Inc, sehingga Apple memiliki hak paten dalam dari penggunaan mouse.

Baca Juga : Jenis-Jenis Mouse Komputer Yang Beredar Hingga Kini

Mouse diciptakan dengan tujuan untuk membantu keyboard dalam melakukan pengoperasian komputer serta penggunaannya yang fleksibel dan mudah sehingga membantu pekerjaan agar lebih cepat selesai. Meskipun laptop saat ini fungsi mouse telah digantikan oleh touchpad yang terdapat pada laptop, namun mouse masih menjadi favorit bagi pengguna untuk menggerakan kursornya.

Cara Mengoperasikan Mouse


Dalam penggunaannya ada beberapa untuk mengoperasikan mouse, terdapat 5 operasi dasar yaitu Klik Kiri, Klik Kanan, Double Klik, Scrool dan Drag.

1. Klik Kiri

Klik kiri pada mouse berfungsi untuk memilih atau menyeleksi file, membuka link, memindahkan kursor saat mengetik, memilih objek tertentu, memilih pada dialog box dan lain sebagainya.Cara menggunakan Klik kiri yaitu cukup dengan menekan tombol kiri pada mouse atau biasa disebut "Klik".

2. Klik Kanan

Klik kanan pada mouse berfungsi untuk menampilkan menu-menu pada aplikasi yang sedang dijalankan, contohnya apabila kita menekan klik kanan pada Windows 7 di desktop maka akan muncul menu seperti view, sort by, refresh, copy, paste, display, new dan lain-lain. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol bagian kanan pada mouse.

3. Scroll

Scroll terdapat dibagian tengan mouse yang berbentuk roda. Fungsi scroll pada mouse yaitu untuk menggulung atau menggerakan layar pada monitor ke atas, ke bawah, ke samping kiri dan ke samping kanan.

4. Drag

Drag pada mouse berfungsi untuk memindahkan objek, melakukan blok pada teks atau bisa juga untuk memilih beberapa objek sekaligus. Cara melakukannya yaitu dengan cara menekan tombol kiri pada mouse.

5. Double Klik

Double Klik (double click) berfungsi untuk membuka file atau menjalankan suatu aplikasi yang berbentuk shortcut. Contohnya apabila di Windows Explore kita akan membuka folder, maka kita cukup melakukan double klik pada folder tersebut, kemudian folder tersebut akan terbuka. Cara melakukannya yaitu dengan menekan tombol kiri pada mouse secara cepat.

Fungsi Mouse


Berikut ini adalah fungsi atau kegunaan mouse bagi user dalam penggunaan komputer.

  1. Untuk menggerakan pointer dan dan menentukan letak kursor pada layar monitor.
  2. Sebagai perangkat keras untuk menginput atau memasukan perintah pada komputer.
  3. Untuk memperbesar dan memperkecil tampilan pada layar komputer.
  4. Melakukan scrolling pada layar komputer yaitu dengan cara memutar scroll pada mouse bagian tengah.
  5. Melakukan berbagai kegiatan seperti klik kiri, klik kanan, scroll, drag, double click dll.
  6. Melakukan instruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang mudah dimengerti oleh komputer.
  7. Membuat pekerjaan lebih mudah, cepat dan efisien, khususnya bagi pengguna yang melakukan aktivitas edit foto, edit video dan lain sebagainya.
  8. Untuk memberikan perintah dan melakukan eksekusi pada aplikasi tertentu.
  9. Membantu menyelesaikan pekerjaan di komputer dengan cepat.
  10. Memudahkan para pengguna dalam memainkan game pada komputer.
Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Mouse Dan Fungsi Mouse Dalam Penggunaan Komputer. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan dengan menekan tombol share. Terima kasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:46:00

2 komentar: