12 Cara Merawat Laptop Supaya Awet Dan Tahan Lama

Posted by Ashari


Cara Merawat Laptop Supaya Awet Dan Tahan Lama. Laptop merupakan perangkat populer yang beredar saat ini. Hampir semua kalangan baik itu orang tua, dewasa bahkan anak-anak pun banyak yang menggunakan perangkat yang satu ini. Pengertian Laptop sendiri adalah komputer jinjing/portabel yang bersifat mobile atau dapat dibawa kemana-mana. Kadang orang menyebut laptop dengan notebook atau pun netbook. Meskipun berbeda dari segi bentuk, namun penamaan orang tersebut mengarah kepada laptop.

Meskipun demikian masih banyak para pengguna laptop atau notebook yang tidak memperhatikan laptopnya. Kurangnya perawaran pengguna terhadap laptopnya maka mengakibatkan kinerja laptop menjadi lemot, error dan tak jarang laptop menjadi rusak. Untuk itu diperlukan perawatan khusus agar laptop dapat bekerja dengan baik dan tidak cepat rusak.

cara merawat laptop

Begitu pentingnya fungsi laptop dalam segala aktifitas kita, maka kita harus merawat laptop dengan baik agar awet dan tahan lama. Berikut ini akan Saya bagikan tentang bagaimana tips cara merawat agar laptop Anda lebih awet, tahan lama dan tidak cepat rusak.

1. Bersihkan laptop secara rutin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan laptop kesayangan Anda secara rutin. Jangan biarkan Laptop Anda dalam keadaan kotor, karena jika dibiarkan maka kinerja laptop Anda akan lambat. Bersihkanlah bagian-bagian penting seperti layar dan keyboard dan dalam membersihkannya pun perlu dengan berhati-hati. Anda bisa menggunakan lap yang lembut atau menggunakan alat khusus penyedot debu untuk laptop.

2. Perlakukan laptop dengan hati-hati

Seperti yang kita ketahui bersama, laptop merupakan perang eletronik portibel yang rentan rusak. Jika kita  memperlakukan laptop dengan tidak hati-hati maka laptop akan cepat rusak. Ada bagian-bagian laptop yang sensitif jika kita tidak hati-hati, seperti kerusakan pada layar patah/pecah, keyboard rusak, engsel penopang patah, harddisk dan power supply rusak. Maka dari itu perlakukanlah laptop Anda dengan hati-hati agar laptop Anda memiliki kinerja yang baik, awet dan tahan lama.

3. Gunakan Cooling Pad

Dimana pun  Anda bermain laptop, pastikan Anda selalu menggunakan cooling pad. Cooling berfungsi untuk mendinginkan suhu pada laptop Anda. Udara panas yang dikeluar oleh laptop akan stabil jika menggunakan cooling pad, karena cooling pad atau kipas pendingin akan melancarkan sirkulasi udara pada laptop

4. Jangan terlalu lama menggunakan komputer

Tips berikutnya adalah Anda jangan terlalu lama dalam menggunakan laptop. Laptop berbeda dengan PC yang bisa digunakan selama 24 jam nonstop. Hal ini berbeda dengan laptop karena laptop tidak mempunyai pendingin seperti PC. Waktu yang baik untuk menggunakan laptop maksimal 3-4 jam, jika Anda ingin menggunakannya kembali tunggu waktu 30 menit untuk menyalakannya kembali. Jika Anda terlalu sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama akan mengakibatkan overheat.

5. Jauhkan makanan dan minuman dari laptop

Tanpa disadari kita sering makan dan minum ketika sedang menggunakan laptop. Saya sarankan Anda untuk menjauhkan makanan dan minuman dari laptop Anda. Hal ini dikarenakan jika makanan dan minuman tersebut tumpah ke laptop maka dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop Anda. Terlebih jika minuman masuk ke celah keyboard maka akan berakibat fatal.

6. Jangan menaruh barang berat diatas laptop

Jika Anda sering menaruh benda berat diatas laptop segera hindari dari sekarang, karena dengan sering menaruh benda berat diatas laptop dapat mengakibatkan kerusakan pada hardware dan memperpendek umur laptop Anda.

7. Hindari bermain laptop diatas kasur

Mungkin sudah menjadi kebiasaan jika Kita bermain laptop diatas kasur dan itu dapat membuat kita lebih nyaman dalam bermain laptop. Akan tetapi jika kita menggunakan laptop diatas kasur hal tersebut dapat mengakibatkan panas dari laptop tidak keluar secara sempurna sehingga laptop pun akan mengalami overheat.

8. Jauhkan laptop dari jangkauan anak

Tips merawat laptop yang berikutnya adalah menjauhkan laptop dari anak-anak, karena anak-anak akan menganggap laptop seperti mainan.

9. Jangan bongkar laptop

Jika mengalami masalah pada laptop, Anda jangan mencoba untuk membongkar laptop Anda sendiri. Jika Anda bukanlah seorang teknisi yang benar benar mengerti lebih baik Anda membawanya ke teknisi pabrik yang telah profesional.

10. Perhatikan suhu laptop

Jika Anda ingin laptop tetap awet, salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah dengan menjaga suhu laptop agar selalu pada temperature yang stabil. Jika laptop telah mencapai suhu yang tinggi segeralah istirahatkan laptop Anda dengan mematikannya agar suhu pada notebook menjadi dingin kembali.

11. Hati-hati membawa laptop di dalam tas

Hindari penggunaan tas yang sembarangan untuk membawa laptop yang tidak menggunakan bantalan khusus. Gunakanlah tas khusus untuk laptop yang telah di rancang agar laptop Anda tahan benturan saat dibawa kemana-mana.

12. Jangan mendownload softaware sembarangan

Berikutnya yang harus Anda lakukan adalah jangan mendownload software sembarangan dari internet. Kemungkinan jika Anda mendownload sembarangan maka rawan terhadap serangan dari virus atau malware yang dapat merusak kinerja laptop atau notebook Anda. Pasanglah antivirus pada laptop kesayangan Anda agar terhindar dari virus atau malware.

Demikian artikel tentang 12 Cara Merawat Laptop Supaya Awet Dan Tahan Lama. Jika artikel ini bermanfaat silakan Anda bagikan dengan menekan tombol share. Terima kasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:10:00

2 komentar: