6 Tips Agar Baterai Android Awet dan Tidak Cepat Habis

Posted by Ashari

Cara Agar Baterai Android Tahan Lama. Bagi Anda sebagai pengguna Android, baterai merupakan salah satu benda yang berperan penting. Keawetan baterai menjadi hal utama dalam penggunaan Android. Smartphone yang canggih dengan dukungan segala fitur-fitur serasa kurang mantap jika batrenya cepat habis.

image by www.moblietechbase.com

Mungkin Anda akan merasa kesal jika sedang asyik memainkan smartphone atau sedang digunakan disaat keadaan darurat, Android Anda tiba-tiba low battery atau baterainya cepat habis. Tentu saja disaat keadaan seperti itu Anda harus menchargenya agar hp anda tetap menyala dan bisa digunakan.

Nah, dari kasus diatas tentu saja timbul pertanyaan dalam diri kita, bagaimana cara agar smartphone atau hp android awet dan tidak cepat habis? Disini Saya akan membagikan tips kepada Anda semua pengguna Android tentang cara agar baterai Android awet dan tidak mudah low battery.

1. Jaga suhu ponsel agar selalu tetap dingin

Salah satu penyebab baterai cepat habis adalah hp terkena suhu panas, ada kemungkinan daya tahan melemah bahkab bisa menyebabkan baterai smartphone Android Anda cepat rusak. Jadi disarankan agar selalu menjaga suhu ponsel. Jangan biarkan ponsel Android Anda terkena sinar matahari langsung, disarankan agar hp Android Anda selalu berada dalam suhu kamar. Penyebab lainnya suhu ponsel cepat panas adalah kita terlalu sering memainkan hp berjam-jam.Jika berada diluar ruangan lebih baik hp disimpan saja didalam tas jangan terlalu sering dikeluarkan agar baterai Anda awet.

2. Turunkan Brightness Layar dan Screen Timeout


Brightness yang tinggi adalah salah satu faktor penyebab baterai ponsel Anda cepat habis,. Karenanya, penting untuk menurunkan brightness atau tingkat kecerahan pada layar ponsel Android Anda. Perlakuan ini dipastikan akan menambah daya tahan baterai Anda.

Dalam menurunkan brightness atau tingkat kecerahan, Anda tidak perlu menurunkan sampai total seluruhnya. Cukup sedikit menurunkan brightness sampai layar terlihat nyaman dimata Anda.

Selain menurunkan brightness atau tingkat kecerahan, setting screen time out juga perlu Anda perhatikan. Screen time out pada ponsel Android berfungsi untuk mengatur berapa lama layar Android akan menyala pada saat tidak disentuh.

Ada baiknya bagi Anda yang menggunakan ponsel Android untuk mempersingkat screen time out, sehingga layar akan segera mati ketika tidak disentuh dan tentunya akan memperpanjang umur baterai.

3. Gunakan power saving mode dan matikan vibrasi


Jika pada ponsel Android Anda mengaktifkan power saving mode, maka ia akan melakukan beberapa teknik untuk menghemat baterai. Misalnya akan mematikan beberapa koneksi seperti Wifi atau bluetooth, dan juga akan menurunkan tingkat kecerahan layar.

Mengaktifkan power saving mode memiliki pengaruh yang penting dalam menjaga performa baterai Android Anda. Jadi disarankan untuk mengaktifkan power saving mode disaat baterai Android Anda sudah terlihat lemah atau low battery.

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan pada ponsek Android adalah dengan mematikan vibrasi. Mengaktifkan mode vibrasi atau getaran disaat ada panggilan atau notifikasi lainnya cukup memakan daya tahan baterai. Jika tidak digunakan, disarankan mode vibrasi atau getaran di non aktifkan saja.

4. Matikan koneksi yang tidak terpakai.


Pada hp Android biasanya terdapat dengan berbagai fitut konektivitas. Fitur tersebut adalah Wifi, Bluetooth dan juga GPS. Dari fitur tersebut dapat menurunkan daya tahan baterai pada smartphone Android Anda.

Ada baiknya dari ketiga fitur tersebut di nonaktifkan atau dimatikan saja jika dalam keadaan tidak digunakan. Misalkan saja penggunaan bluetooth, gunakanlah ketika hanya mentransfer data atau saat sedang menggunakan bluetooth headset.

Dan penggunaan GPS bisa Anda aktifkan ketika digunakan saat Anda mencari arah. Terakhir, untuk penggunaan Wifi bisa Anda aktifkan ketika sudah berada ditempat yang sudah dipastikan terdapat sinyal Wifi.

5. Memperhatikan penggunaan Flash dan Wallpaper


Hal lain yang dapat memakan daya baterai yang cukup besar adalah penggunaan Flash dan Wallpaper pada hp Android. Untuk itu, Anda jangan terlalu sering menggunakan flash di kamera jika ingin daya tahan baterai awet.

Selain itu penggunaan wallpaper animasi juga dapat memakan daya tahan baterai yang tidaj sedikit. Memang menggunakab wallpaper animasi terlihat menarik dan lebih keren ketimbang dengan menggunakan wallpaper statis.

Namun jika Anda ingin baterai tetap awet maka jangan menggunakan wallpaper animasi, gantilah dengan menggunakan wallpaper statis. Gunakan hanya pada saat dibutuhkan saja, seperti ketika Anda ingin memamerkan ke teman Anda :D.

6. Stop Pencarian Sinyal


Adakalanya kita dalam menggunakan smartphone berada di tempat yang susah sinyal. Dalam keadaan dimana kita berada di tempat yang tidak ada layanan jaringan, maka ponsel akan terus bekerja untuk mencari sinyal. Hal ini mengakibatkan daya tahan baterai Anda cepat habis.

Agar daya tahan baterai Anda panjang maka disarankan agar ponsel dimatikan saja atau berpindah ke flight mode sehingga pencarian sinyal akan berhenti, itu pun jika ponsel Android Anda tidak sedang digunakan.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana cara penggunaan ponsel awet dan tahan lama. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:45:00

0 komentar:

Post a Comment