Sejarah Internet dan Pengertian Internet

Posted by Ashari

Sejarah Internet. Sejalan dengan perubahan waktu, pada saat ini telah dilakukan usaha-usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan memanfaatkan dan mengoperasikan sistem informasi yang berbasiskan komputer. Sistem informasi ini tidak lepas dari sejarah perkembangan komputer. Dengan berkembangnya zaman juga, keperluan untuk memperoleh informasi semakin penting, sehingga diperlukan teknologi agar informasi yang diperoleh dapat diterima dengan cepat.

Nah, Internet menjadi salah satu bagian terpenting dalam sejarah perkembangan teknologi komunukasi dan informasi. Internet dalam masa sekarang ini sudah menjadi kebutuhan hidup manusia yang tak bisa lepas setiap harinya. Dulu internet hanya digunakan oleh orang-orang penting seperti para pejabat dan para pengusaha dalam menjalankan roda bisnisnya, akan tetapi sekarang internet dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat seperti anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai orang tua sekalipun dapat menggunakan internet.

pengertian dan sejarah internet


Tapi dibalik semua itu, tahukah anda tentang Pengertian Internet? atau apakah anda mengetahui tentang Sejarah Internet? Pasti banyak dari anda pembaca semua yang belum mengetahui tentang pengertian dan sejarah dari internet. Untuk itu, saya akan bahas tentang pengertian internet dan sejarah perkembangan dari internet itu sendiri.

Pengertian Internet


Internet (Interconection Networking) adalah sekumpulan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia yang saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan standar protokol TCP/IP sehingga dapat saling berkomunikasi, bertukar informasi dan lain-lain. Dalam melakukan pengiriman data, internet bekerja dengan bantuan saltelit dan line telepon.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi I - V (Lengkap)

Syarat agar bisa terhubung dengan internet maka harus disediakan kelengkapan sebagai berikut :
•    PC atau laptop, bisa juga menggunakan komputer tablet, smart phone atau handphone yang telag dilengkapi dengan WAP (Wireless Application Protocol)
•    Modem, disini kita bisa menggunakan modem internal maupun modem eksternal.
•    Sambungan telepon atau bisa juga dengan provider seluler.
•    ISP (Internet Service Provider) yaitu perusahaan yang menyediakan jasa internet.

Sejarah Perkembangan Internet


Sejarah internet bermula pada akhir dekade 60-an tepatnya ditahun 1969 dimana ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau United States Departement of Defence melalui proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana antara hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi jarak jauh melalui saluran telepon.

Pada awalnya ARPANET dibuat untuk keperluan militer saja dengan tujuan untuk menghancurkan nuklir dan mempercepat dalam pengiriman informasi. Pada bulan Oktober 1972, ARPANET diperkenalkan secara umum dan proyek ini berkembang diseluruh daerah Amerika Serikat, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

ARPANET dibagi menjadi yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non militer seperti universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal DARPA yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Perkembangan internet semakin hari semakin canggih saja dengan ditunjang perlatan teknologi komunikasi yang semakin canggih pula. Dengan internet akan mempermudah seseorang untuk mengirimkan pesan tulisan, gambar, audio, file audio visual atau bentuk yang lainnya. Internet zaman sekarang sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat didunia. Namun perlu diingat, internet hanyalah dunia maya. Kita sebagai manusia harus tetap membina hubungan antar manusia didunia nyata. Gunakanlah internet sebijak mungkin, jauhkan sifat anti-sosial dalam diri kita yang hanya mengandalkan kecanggihan dari internet.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:57:00

0 komentar:

Post a Comment