Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM

Posted by Ashari

Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM. RAM kepanjangan dari Random Access Memory. Pengertian RAM sendiri adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komputer. Ini artinya RAM hanya bekerja pada saat komputer dihidupkan dan jika komputer telah mati maka data akan dikosongkan kembali.


RAM sering disebut juga modul memori. RAM adalah salah satu perangkat atau komponen komputer yang sangat penting. Selain membantu kinerja prosessor dalam mengeksekusi program, RAM juga berfungsi untuk mempercepat akses penggunaan komputer atau pun laptop. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat pula  akses komputer atau laptop tersebut.

Baca juga : cara membuat facebook melalui hp android

RAM memiliki 2 bagian utama, yaitu :

1. PCB ( Printed Circuit Board)
PCB adalah papan yang terdiri dari beberapa layer, yang pada setiap lapisan layernya terdapat jalur untuk mengalirkan data ataupun untuk mengalirkan arus listrik.
2. Contact Point
Contact Point adalah bagian yang terdapat pada RAM yang berfungsi sebagai konektor ke Mainboard yang terdiri dari beberapa titik dan dibatasi oleh satu atau dua buah lekukan yang biasa disebut NOTCH.

Fungsi RAM


RAM memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu :
1. Menyimpan Data Sementara
Fungsi RAM sebenarnya telah tergambar pada pengertian RAM itu sendiri yaitu sebagai alat menyimpan data sementara dalam menyimpan program atau data yang diakses  dan ini merupakan fungsi paling utama pada RAM.

Cara kerja pada RAM adalah ketika aplikasi dibuka/dijalankan maka aplikasi yang dibuka tersebut akan mengirimkan informasi yang akan disimpan di RAM. Kemudian RAM akan meneruskan informasinya ke CPU (Central Processing Unit) dan CPU tersebut akan memproses data yang ada pada RAM.

2. Mempercepat Kinerja Komputer

Seperti yang telah kita ketahui bersama, semakin besar kapasitas pada RAM maka semakin cepat pula pemrosesan data yang dilakukan oleh CPU. Maka kecepatan suatu sistem komputer sangat dipengaruhi oleh besarnya kapasitas RAM.

Jika kapasitas RAM yang dimiliki berkapasitas kecil, maka kecepatan kinerja komputer pun akan lambat atau lemot. Hal ini terjadi karena keterbatasan kemampuan pada RAM itu sendiri.

3. Penggunaan Multitasking pada Komputer.

Pengertian multitasking adalah penggunaan komputer dimana kita bisa membuka atau mengerjakan aplikasi dalam satu waktu secara bersamaan. Ram sendiri berfungsi membantu untuk mendukung penggunaan multitasking pada komputer.

Semakin besar kapasitas RAM yang kita miliki, maka semakin baik pula komputer melakukan multitasking dan komputer akan terhindar dari hang akibat membuka beberapa program secara bersamaan.

Jenis-jenis RAM


Saat ini sudah sudah beredar begitu banyak jenis RAM dengan kapasitas dan kecepatan akses data yang berbeda-beda. Mulai dari yang namanya DRAM, SDRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM, FPM DRAM RAM, dan masih ada lagi.

Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis RAM

1. SRAM (Static Random Access Memory)


SRAM merupakan jenis memory yang termasuk kedalam jenis statis, yang memiliki sifat semivolatile. SRAM digunakan untuk membantu kinerja komputer dalam kecepatan proses dan tidak memerlukan operasi daya refresh. Dalam pembuatan SRAM menggunakan teknologi CMOS.

2. DRAM (Dynamic Random Access Memory)



DRAM merupakan jenis memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan. DRAM memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO RAM dan lebih rendah dibandingkan dengan SRAM.
DRAM menggunakan satu transistor dan kapasitor dalam strukturnya. DRAM memiliki frekuensi yang berbeda-beda yaitu antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.

3. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)



SDRAM merupakan jenis RAM yang mempunyai kecepatan cukup tinggi yaitu dengan kecepatan 100-133 Mhz. Jenis RAM ini sering digunakan antara tahun 1996 hingga 2003 dan digunakan untuk generasi pentium 1, 2 dan 3. SDRAM memiliki 168 pin transfer data.

4. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Diperkenalkan pada tahun 1995. RAM ini awalnya dikembangkan untuk komputer generasi pentium 4 atau bisa juga untuk komputer gaming. Pada tahun 1997 kecepatan RDRAM meningkat hingga 700 MBps dan pada tahun 1998 kecepatan meningkat menjadi 1,6 GBps. RDRAM memiliki slot 1,6 pin.

5. EDO RAM ( Extended Data Output Random Access Memory)



EDO RAM adalah jenis RAM yang banyak digunakan pada komputer generasi pertama. EDORAM mempunyai kapasitas memory 8 Mb hingga 16 Mb dengan kecepatan clock 50 MHz. Jumlah pin pasa EDORAM adalah 72 pin/kaki.

6. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)




Adalah jenis RAM yang paling banyak digunakan saat. DDR SDRAM memiliki kecepatan dan akses yang tinggi diantara jenis-jenis RAM lainnya. Pada memori ini memiliki 184 pin/kaki dan RAM jenis ini juga mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Jenis-jenis RAM seperti DDR2 RAM hingga DDR3 RAM adalah pengembangan dari DDR SDRAM. Kedua jenis RAM diatas merupakan RAM yang paling banyak digunakan pada saat ini. Untuk kapsitas memory pun cukup besar hingga 4Gb per chipnya.

Demikianlah pembahasan singkat materi mengenai Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan mengklik tombol share. Terima kasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:18:00

1 komentar: