Pengertian VGA, Fungsi dan Jenis-Jenis VGA

Posted by Ashari

Pengertian VGA, Fungsi dan Jenis-Jenis VGA. VGA merupakan salah satu hardware atau perangkat keras pendukung dalam komputer. VGA kepanjangan dari Video Graphics Accelerator adalah sebuah perangkat keras yang dapat melakukan rendering atau pemrosesan output visual yang ditampilkan ke layar monitor. VGA memiliki prosesor yang disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit) dan juga memiliki memori.
VGA Card
Image by study.com
Penggunaan VGA dalam perangkat komputer atau pun laptop bisa dibilang penting tak penting. Bagi komputer Anda dipakai untuk maen games, menggambar, edit foto, desainer dan video editing maka VGA dengan spesifikasi yang tinggi  wajib Anda pasang pada komputer Anda, karena hardware yang satu ini sangat mendukung untuk tampilan grafis komputer.

Ada juga komputer yang menyematkan VGA onboard pada sistemnya. VGA ini terdapat langsung pada motherboard dan tidak perlu memasang kembali VGA secara terpisah. Maka dari itu pemasangan VGA Card tidaklah wajib bagi komputer ataupun laptop, karena banyak pengguna komputer yang tidak membutuhkan VGA Card yang berkapasitas tinggi.

Baca juga : Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM

Pada awalnya VGA Card pertama kali dipasarkan oleh perusahaan IBM pada tahun 1987. VGA Card merupakan standar grafis yang diikuti oleh hampir mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Sampai sekarang untuk tampilan Windows sendiri masih menggunakan modus VGA, hal ini didukung karena banyaknya prodesen kartu grafis dan monitor/LCD.

Fungsi VGA


Fungsi utama VGA card yang terdapat pada komputer adalah untuk mengubah signal dari komputer menjadi suatu tampilan layar grafik pada konputer. Oleh karena itu, bagi Anda yang hobi main games atau bekerja pada bidang desain, gambar dan video pada komputer maka penggunaan VGA wajib hukumnya.

Adapun fungsi lain dari VGA Card adalah sebagai berikut :

1. Membuat tampilan gambar pada monitor lebih baik, jernih dan tajam.

2. Membantu dalam pembuatan design grafis dan 3D design.

3. Pada saat bermain games, tampilan grafis lebih baik.

4. Cocok bagi Anda yang hobi menonton film dengan tampilan detail gambar yang sempurna.

5. Dapat mengoneksikan PC atau laptop ke layar televisi dengan menggunakan HDMI yang menampilkan gambar yang lebih baik.

Jenis-Jenis VGA


VGA pada komputer memiliki 2 jenis yaitu VGA on board dan VGA add onn. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis VGA.

1. VGA On Board


VGA on board adalah salah satu jenis VGA yang terdapat atau terpasang pada motherboard. Kebanyakan untuk motherboard keluaran sekarang, biasanya telah terpasang VGA on board.

vga onboard


VGA jenis on board memiliki kemampuan yang cukup baik untuk grafis. Namun tidak disarankan VGA jenis ini dalam penggunaan untuk desai grafis atau bermain game. VGA on board memiliki spek yang rendah dan untuk memorinya sendiri mengambil dari RAM komputer. Hal ini menyebabkan VGA on board tidak bisa di upgrade menjadi kualitas yang lebih tinggi.

VGA on board sendiri lebih banyak digunakan oleh user yang hanya mengoperasikan fitur-fitur atau program yang standar. Apabila user menginginkan tampilan grafis yang lebih baik, maka komputer tersebut harus menggunakan VGA non-on board (add onn) dan me-nonaktifkan VGA on board.

2. VGA Add Onn

Jenis VGA berikutnya adalah VGA add onn, yaitu jenis VGA yang terpasang pada slot kartu grafis yang terdapat pada motherboard. Jenis VGA ini biasa juga disebut dengan VGA Card.

VGA add on

Jenis VGA ini adalah VGA yang terpisah dari motherboard dan untuk pemasangannya disematkan pada slot kartu grafis. VGA Card sangat cocok bagi Anda yang ingin tampilan grafisnya lebih baik, terutama untuk bermain game, desain grafis, menggambar dan edit video.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian VGA, Fungsi dan Jenis-Jenis VGA. Pada dasarnya semua sistem operasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk memilihnya semua tergantung kepada selera dan kebutuhan Anda. Terima kasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:50:00

1 komentar:

  1. Makasih udah share info ini ya, bermanfaat.
    Ditunggu kunjungan baliknya ke Web Saya ya : https://www.agres.id atau Tips Komputer

    ReplyDelete