Cara Membuat Email Gmail dan Yahoo Melalui HP Android

Posted by Ashari

Cara Membuat Email Gmail dan Yahoo Melalui HP Android. Di era serba digital seperti sekarang ini, memiliki akun email merupakan sesuatu yang wajib hukumnya hehe. Jika dulu membuat email hanya diwajibkan bagi para pelaku bisnis saja untuk keperluan bisnisnya, tetapi sekarang hampir setiap kalangan telah memiliki akun email. Email digunakan terutama bagi Anda pengguna smartphone, baik itu berbasis Android maupun IOS.

Bagi Anda yang menggunakan hp atau smartphone berbasis Android atau IOS, tentu saja banyak menyediakan beragam aplikasi yang bisa Anda gunakan. Contoh dari aplikasi-aplikasi tersebut adalah Google Play, Blackberry Massanger (BBM), Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut tentu saja Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dalam proses pendaftaran khususnya media sosial seperti Facebook, Google Play, Instagram dan lain sebagainya, Anda wajib memiliki akun Email terlebih dahulu.

Masih banyak orang-orang yang belum paham bagaimana cara mendaftar atau membuat email. Jika dulu mendaftar email harus melalui komputer atau PC yang tersambung internet, tetapi sekarang mendaftar email bisa melalui hp Android.

Nah, disini Saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat Email melaui smartphone Android dengan mudah. Dalam mendaftar Email ini Saya menggunakan browser Google Chrome yang merupakan browser bawaan dari Google yang telah terinstal secara otomatis di perangkat Android. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Membuat Email Gmail

Gmail adalah penyedia layanan email gratis yang dikeluarkan oleh Google. Saat ini email Gmail masih menjadi favorit dan populer dimata para netizen pengguna hape berbasis Android, karena dengan akun Gmail maka secara otomatis akan terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi bawaan dari Android. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mendaftar Gmail, silakan Anda simak penjelasan dibawah ini.

1. Langkah pertama silakan Anda masuk ke halaman www.gmail.com pada browser Chrome di hp Andoid Anda.


2. Anda akan dibawa menuju halaman Login, disini Anda pilih tombol Create Account atau Buat akun.
3. Maka Anda akan dibawa menuju Form Isian, Silakan Anda isi tentang data diri Anda pada kolom-kolom halaman seperti gambar dibawah ini.


Penjelasan dari gambar diatas :
  1. Nama : Isikan nama lengkap Anda, isi nama depan dan nama belakang. 
  2. Pilih nama pengguna Anda : Pada kolom ini isi alamat email sesuai dengan keinginan Anda asalkan nama pengguna tersebut tidak dimiliki oleh orang lain. Nama pengguna ini akan menjadi alamat Email Anda. Contoh : syakinahashari@gmail.com
  3. Buat sandi : masukan kata sandi yang Anda inginkan minimal 8 karakter, Huruf besar dan kecil berpengaruh. Kata sandi atau password ini adalah kata kunci Anda untuk masuk ke halaman akun Anda, jangan sampai orang lain mengetahui kata sandi Anda. 
  4. Konfirmasi sandi Anda : isi kembali kata sandi yang telah Anda isi di kolom atas.
  5. Tanggal lahir : isi tanggal, bulan dan tahun kelahiran Anda.
  6. Gender : silahkan klik dan pilih sesuai dengan jenis kelamin Anda
  7. Ponsel : silakan pilih kode nomor telepon negara Anda.
  8. +62 : masukan no hp Anda sebagai keamanan jika suatu saat Anda lupa kata sandi dan untuk pengiriman kode verifikasi akun Gmail Anda bila diminta. 
  9. Alamat email Anda saat ini : masukan alamat email Anda yang lainnya (jika ada) sebagai keamanan jika suatu saat Anda lupa kata sandi dan untuk pengiriman kode verifikasi akun Gmail Anda bila diminta. Bila Anda tidak punya, Anda bisa mengabaikannya.
  10. Buktikan bahwa Anda bukan robot : Ketikan angka atau huruf yang tertera pada gambar di kolom Ketik teks.
  11. Lokasi : Pilih sesuai dengan negara tempat Anda tinggal, contoh Indonesia.
  12. Centang Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google .
Klik tombol " Lanjutkan" dan sampai disini Anda telah berhasil membuat sebuah akun Email Gmail. Terkadang Anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, terkadang juga halaman ini tidak muncul, tergantung dari pihak Google selaku penyedia layanan Email.


4. Langkah berikutnya adalah klik Lanjutkan ke Gmail.

5. Akan muncul tampilan Kotak Masuk dari Gmail. Jika kita perhatikan, pada halaman ini Anda akan menerima Email dati Tim Gmail.

Dengan memiliki akun Gmail, maka akan memudahkan Anda untuk menikmati produk layanan dari Google seperti akun Youtube, Google Plus, Blogger dan layanan Google lainnya secara gratis.

Baca Juga : Cara Membuat Facebook Melalui HP Android

Cara Membuat Email Yahoo

Salah satu fasilitas layanan Email gratis berikutnya adalah Yahoo. Dulu Email Yahoo sangat populer dan banyak orang mendaftar Email gratis dengan menggunakan Email Yahoo. Namum setelah Google mengeluarkan produk Gmail, banyak orang lebih memilih untuk membuat akun Gmail. Salah satu kelebihan dari Email Yahoo adalah dengan fitur Yahoo Massenger yang dimana fitur tersebut digunakan untuk chatting sesama teman Anda yang ada di kontak Anda.

Meskipun sekarang Email Yahoo kalah pamor dari Gmail masih banyak juga orang yang mendaftar di Yahoo. Nah, disini Saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Email Yahoo. Untuk daftar Email Yahoo sangatlah mudah, cara-caranya sama seperti mendaftar Email Gmail.
Berikut langkah-langkah cara membuat akun Email Yahoo :

1. Langkah pertama silakan Anda masuk ke halaman pendaftar dengan mengklik https://edit.yahoo.com/registration, maka Anda akan menuju ke halaman pendaftaran seperti tampilan di bawah ini.


Isilah form pada kolom-kolom yang tersedia dengan memasukan data diri Anda.
  1. First Name dan Last Name : Isi nama lengkap Anda, untuk kolom pertama diisi dengan nama depan Anda dan kolom kedua diisi dengan nama belakang Anda.
  2. Yahoo User name : Pada kolom ini silakan Anda isi alamat email Anda, pilih alamat Email Yahoo yang mudah diingat dan tidak dimiliki oleh pengguna lain.
  3. Password : Silakan isi dengan kata sandi atau password minimal 6 karakter. Harap mengisi kata sandi atau password yang mudah diingat dan tidak diketahui orang lain. Gunakanlah kombinasi huruf dan angka untuk menjaga keamanan akun Anda.
  4. Mobile Number : Pada kolom ini silakan Anda masukan no HP Anda. Nomor ponsel ini digunakan apabila suatu saat Anda lupa password, maka Yahoo akan mengirim pemulihan melalui SMS.
  5. Birthday : Isikan tanggal, bulan dan tahun kelahiran Anda.
  6. Male dan Female : Silahkan klik dan pilih sesuai dengan jenis kelamin Anda
Silahkan Anda klik Create account, maka Anda akan dibawa ke halaman Verification.
  

2. Silahkan Anda masukan nomor hape Anda kemudian pilih Send SMS. Jika no HP sesuai dengan yang Anda inputkan diawal, maka Anda akan menerima SMS dari Yahoo berupa kode.

3. Silahkan Anda isikan kode yang telah dikirimkan Yahoo melalui SMS, kemudian Anda klik tombol Kirim Kode.
 


4. Congrat's Anda telah berhasil membuat Email Yahoo. Untuk langkah selanjutnya silahkan Anda klik Get Started, maka Anda akan dibawa menuju halaman Email Yahoo Anda.


Sekian artikel tentang Cara Membuat Email Gmail dan Yahoo Melalui HP Android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:49:00

1 komentar: