Pengertian Dan Fungsi Bluetooth

Posted by Ashari

Pengertian dan Fungsi Bluetooth. Bluetooth adalah perangkat teknologi komunikasi data tanpa kabel (wireless), yang berfungsi sebagai media tukar-menukar data antara beberapa perangkat elektronik, seperti mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan sebagainya. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan transfer data tidak kurang dari 1 Mb/s.

logo bluetooth
Image by amaze.com
 Radius transfer data menggunakan teknologi bluetooth tidak lebih dari 10 meter. Bluetooth mudah digunakan dan memerlukan daya yang relatif rendah.

Sejarah Bluetooth

Pembuatan bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan telekomunikasi besar, yaitu Ericson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba. Mereka membentuk Special Interest Group (ISG) yang meluncurkan proyek ini. Pada Juli 1999, dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada Desember 1999, dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru, yaitu 3com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola.

Saat ini lebih dari 1800 perusahaan diberbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorium yang mengadopsi teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini dimiliki oleh group promotor, tetapi diharapkan akan menjadi sebuah standar dunia.

Asal Nama Bluetooth

Nama bluetooth berasal dari nama raja pada abad kesepuluh yaitu Harald Blatand. Di Inggris, ia dijuluki Harald Bluetooth karena (kemungkinan) memang giginya yang berwarna gelap. Ia adalah seorang Raja Denmark yang berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya terpecah dan perang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan, juga merupakan daerah kekuasaannya. Kemampuan Raja Harald sebagai pemersaru juga mirip dengab teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan, seperti komputer dengan handphone.
Logo Bluetooth
Logo Bluetooth
Logo bluetooth sendiri berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yaitu huruf H dan B ( singkatan dari Harald Bluetooth) yang kemudian digabung menjadi logo bluetooth yang terkenal saat ini.

Fungsi Bluetooth

1. Mengirim dan Menerima Data/File
Seperti yang kita ketahui, fungsi utama dari bluetooth adalah untuk mengirim dan menerima sejumlah data atau file. Dengan menggunakan bluetooth Anda dapat mengirim file berupa dokumen, gambar, lagu dan data lainnya melalui antar handphone, handphone ke komputer atau sebaliknya tanpa harus memasang kabel data.

Cara mengirimnya sangatlah mudah, Anda aktifkan bluetooth pada masing-masing perangkat, kemudian Anda tinggal cari perangkat bluetooth yang tersedia dan lalu Anda menghubungkannya. Setelah terhubung Anda bebas untuk saling bertukar file atau data antara perangkat tersebut.

2. Audio Bluetooth Handsfree dan Headphone
Salah satu fungsi bluetooth lainnya adalah bluetooth bisa digunakan untuk handsfree dan headphone. Dengab adanya bluetooth Anda tak perlu repot lagi menghubungkannya dengan menggunakan media kabel. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa komunikasi dan mendengarkan lagu dengan mudah dan simpel.

3. Penggunaan Keyboard dan Mouse Wireless

Saat ini telah beredar luas perangkat keyboard dan mouse tanpa kabel. Dalam menghubungkan kedua perangkat tersebut media penghubungnya menggunakan bluetooth. Dengan berkembangnya mouse dan keyboard wireless maka semakin memudahkan kita bekerja dalam menggunakan komputer tanpa harus repot mengatur kabel.

4. Mencetak dokumen dengan wireless printer

Selain keyboard dan mouse wireless, sekarang juga telah banyak beredar wireless printer. Hanya dengan mengaktifkan bluetooth, kita telah bisa mencetak dokumen atau file yang kita inginkan.

Dengan adanya perangkat wireless printer, maka semakin memudahkan dan efisiensi waktu dalam bekerja. Kita tak perlu lagi repor-repot memasang kabel ketika akan mencetak dokumen.

5. Digunakan sebagai modem
Fungsi lainnya dari bluetooth adalah dapat dijadikan sebagai modem. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang hobi mengakses sosial media, chatting atau hanya sekedar browsing di internet. Anda cukup setting pada komputer, maka Anda bisa terhubung dengan internet melalui media bluetooth.

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

Kelebihan dari bluetooth antara lain :
  1. Bluetooth dapat menembus tembok meskipun jarak transmisinya hanya 10 meter saja.
  2. Bluetooth adalah perangkat nirkabel yang dalam bekerja tidak membutuhkan kabel.
  3. Bluetooth dapat mengintegrasikan data base yang ada pada hape dengan komputer.
  4. Bluetooth dapat juga dijadikan sebagai modem

Sedangkan kekurangan dari Bluetooth antara lain :

  1. Menggunakan gelombang frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar.
  2. Banyak mekanisme keamanan dalam bluetooth yang mesti diperhatikan untuk mencegah kegagalan dalam pengiriman data.
  3. Banyaknya bluetooth yang aktif dalam suatu ruangan, menyulitkan dalan menemukan bluetooth penerima file.
  4. Banyak virus yang dapat disebarkan melalui jaringan bluetooth.

Cara Kerja Bluetooth


Bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dengan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultran atau sebuah kanal yang secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Adapun untuk mode simetris, dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s

Demikianlah sekilas penjelasan tentang Pengertian dan Fungsi Bluetooth. Semoga bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:39:00

0 komentar:

Post a Comment