Jenis-Jenis Profesi Dalam Bidang Dunia Komputer & Teknologi Informasi (IT)

Posted by Ashari

Saat ini banyak aneka Profesi di Bidang Teknologi Informasi atau Information Technology (IT). Perkembangan dunia IT telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas.


Munculnya bidang IT yang baru juga memunculkan profesi di bidang IT yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing. Secara umum pekerjaan di bidang Teknologi Informasi setidaknya dapat dikelompokan sesuai bidangnya, kelompok-kelompoknya saya rangkum sebagai berikut :

a. Kelompok Pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang Sistem Operasi (OS), Database maupun Sistem Aplikasi.

Pada kelompok pertama ini, terdapat beberapa pekerjaan seperti :
  • Sistem Analis (Analyst System), merupakan orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
  • Programer, adalah orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analyst, yaitu membuat program (baik itu apliksai maupun sistem operasi) sesuai dengan sistem yang dianalisa sebelumnya.
  • Web Designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisa dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
  • Web Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya.
 b. Kelompok Kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).

Pada kelompok kedua ini, terdapat beberapa pekerjaan seperti :
  • Technical Engineer, atau sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik pemeliharaan maupun perbaikan perangkat Sistem Komputer.
  • Networking Engineer, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
c. Kelompok Ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi.

Pada kelompok ini, terdapat beberapa pekerjaan sebagai berikut :
  • EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronik data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
  • System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap sistem, serta hal-hal yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.
Itualah beberapa Jenis Profesi dalam Bidang Dunia Komputer dan IT, semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi anda yang akan bergelut di dunia komputer dan IT. 


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:30:00

0 komentar:

Post a Comment