Pengertian dan Sejarah Website

Posted by Ashari

Website adalah suatu halaman yang saling berhubungan berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi yang diakses melalui jaringan internet. Internet sendiri adalah kumpulan beberapa jaringan komputer yang saling terhubung dalam cakupan yang tak terhingga. Tidak ada perusahaan yang memiliki internet, yang merupakan upaya kerja sama diatur oleh sistem standar dan aturan. Tujuan dari menghubungkan komputer bersama-sama adalah untuk berbagi informasi. Ada banyak cara informasi dapat dikirimkan antar komputer, termasuk e-mail, transfer file (File Transfer Protocol) dan banyak layanan yang lebih khusus yang dibangun dalam layanan internet. Metode ini standar untuk mentransfer data atau dokumen melalui jaringan komputer dikenal dengan protocol.

World Wide Web, atau biasa lebih dikenal dengan istilah WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang berfungsi untuk mengenali pasti sumber daya berguna.

WWW merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi yang dapat digunakan bersama. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks saja, tetapi bisa juga mengakses berupa gambar, suara, video dan animasi. WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language)

Baca juga artikel tentang : Tutorial Belajar Dasar HTML 

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut dengan pranala. Dokumen informasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hypertext. Dengan mengklik pranala (hyperlink), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

Tim Berners Lee
Sumber :https://encrypted-tbn3.gstatic.com
WWW sendiri ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program piranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal dengan WWW.

WWW. dikembangkan pertama kali di Pusat Peneltian Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeene pour la Recherche Nucleaire), Jeneva, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada Oktober 1990, WWW sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan internet.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 23:28:00

0 komentar:

Post a Comment