Tutorial Belajar HTML : Versi-Versi HTML

Posted by Ashari




HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa standar web yang didefinisikan dan dikelola penggunaannya oleh W3C (World Wide Web Consurtium). HTML dibuat dan dikembangkan oleh Tim-Berners Lee. Selanjutnya, bahasa tersebut dipopulerkan oleh browser Mosaic. Selama tahun 90-an telah muncul berbagai versi HTML dengan berbagai macam fiturnya. Versi HTML yang ada tersebut antara lain :

1. Versi 1.0
Merupakan versi pertama setelah lahirnya HTML dan mempunyai kemampuan seperti heading, paragraph, hypertext, list, cetak tebal dan cetak miring pada teks. Selain itu juga dukungan peletakan image pada dokumen dengan tidak memperbolehkan peletakan teks disekelilingnya (wrapping).

2. Versi 2.0

Dirilis pada tanggal 14 Januari 1996 dengan beberapa kemampuan tambahan seperti penambahan form. Hal ini menjadi pionir untuk membuat web yang lebih interaktif.

3. Versi 3.0
 Dirilis pada tanggal 18 Desember 1997, yang dikenal dengan HTML+. Versi ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti fitur tabel dalam paragraph.

4. Versi 3.2
Dirilis pada bulan Mei 1998, merupakan versi terbaru penyempurnaan dari versi 3.0.

5. Versi 4.0
Dirilis pada tanggal 24 Desember 1999 dengan penambahan beberapa fitur seperti adanya link, imagemaps, image dan lain-lain.

6. Versi 5.0
Dirilis pada tahun 2009 yang menjadi standar baru untuk HTML, XHTML dan DOM HTML. HTML5 ini merupakan proyek kerja sama antar W3C dan WHTAG (Web Hypertext Application Technology Working Group)

Spesifikasi HTML5 belum final saat ini, tetapi diyakini oleh banyak orang akan menjadi standar yang diterima dimasa depan.

Pada HTML5, dalam menuliskan tag dan atribut dengan huruf kecil tidak ada lagi. Diberi kebebasan untuk menggunakan huruf kecil, capital atau kombinasinya. Bahkan nilai suatu atribut akan diberi tanda petik atau tidak sama saja. Browser tidak lagi memperdulikan hal-hal seperti itu.    


Demo Blog NJW V2 Updated at: 15:01:00

0 komentar:

Post a Comment