Jenis-Jenis Mouse Komputer Yang Beredar Hingga Kini

Posted by Ashari

Macam-Macam Mouse. Bagi pengguna perangkat komputer, mendengar nama mouse tentunya tidak asing lagi. Pengertian mouse sendiri adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menggerakan pointer atau kursor pada layar monitor. Mouse merupakan perangkat input device yang terdapat pada komputer.




Sebelum diciptakan mouse, untuk menggerakan atau memindahkan kursor menggunakan keyboard. Setelah diciptakannya mouse memindahkan dan menggerakan kursor semakin mudah dan cepat. Bentuk mouse sendiri didesain mirip dengan binatang tikus dan kabelnya menyerupai ekor pada tikus. Cara kerjanya pun mirip dengan tikus yang bergerak cepat dan suka menyelinap.

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer khususnya perangkat keras, mouse sendiri tak ketinggalan untuk memberikan terobosan, pembaharuan dan inovasi yang terbaik bagi penggunanya. Terdapat banyak jenis mouse yang beredar dipasaran saat ini sehingga para pengguna bebas untuk memilih jenis mouse yang cocok dan sesuai dengan selera.

Baca Juga : Pengertian Mouse dan Fungsi Mouse Dalam Penggunaan Komputer

Berikut ini akan Saya jelaskan mengenai jenis-jenis mouse yang berkembang saat ini beserta pembahasannya.

A. Jenis Mouse Berdasarkan Bentuk Fisiknya


Untuk jenis mouse berdasarkan bentuk atau fisiknya terdapat 2 macam yaitu mouse trackball dan mouse optik.

1. Mouse Track Ball

Jenis mouse track ball adalah mouse yang menggunakan bola untuk menggerakan pointernya pada layar monitor. Untuk jenis mouse ini jarang digunakan dimasa sekarang, karena mouse ini mudah sekali debu masuk kedalam perangkat mouse, hal ini menyebabkan kinerja mouse menjadi macet dan lambat.

2. Mouse Optic


Mouse Optic adalah jenis mouse yang menggunakan optic untuk menggerakan pointer pada layar monitor. Untuk opticnya sendiri terletak pada bagian bawah mouse. Cara kerja mouse optic yaitu dengan menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode). Mouse ini diciptakan untuk menggantikan jenis mouse track ball. Mouse optic merupakan jenis mouse yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer.

B. Jenis Mouse Berdasarkan Port


Untuk jenis mouse berdasarkan port terdapat 4 macam yaitu mouse serial, mouse PS/2, mouse USB dan mouse wireless.

1. Mouse Serial



Pada mouse serial ini menggunakan konektor serial (RS 323C) yang mempunyai pin pada beberapa ujung portnya. Jenis mouse ini terdapat pada komputer era Pentium 1, Pentium 3 dan pada komputer berjenis AT. Sekarang mouse serial sangat jarang kita jumpai karena seiring perkembangan teknologi pada mouse yang semakin canggih.

2. Mouse PS/2


Mouse jenis ini menggunakan port PS/2 . Mouse ini dapat kita jumpai pada komputer dengan jenis ATX. Biasanya mouse PS/2 memiliki ciri pada portnya yang berwarna hijau. Hal ini dikarenakan untuk membedakan dengan port pada keyboard yang memiliki warna ungu. Letak penempatannya pun bersebelahan bersama keyboard PS/2. Seiring dengan perkembangan mouse, maka mouse jenia PS/2 banyak ditinggalkan oleh penggunanya yang beralih pada mouse USB dan wireless.

3. Mouse USB

Mouse USB ini adalah jenis mouse yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan mouse USB dianggap lebih compatible dan lebih efisien serta memiliki kecepatan akses yang tinggi. Dalam pemasangannya, mouse ini menggunakan USB sebagai portnya.

4. Mouse Wireless


Jenis mouse berdasarkan port yang berikutnya adalah Mouse Wireless. Untuk terhubung dengan komputer atau laptop yaitu dengan menggunakan gelombang radio atau cahaya infra merah. Kini mouse wireless telah banyak digunakan oleh para pengguna komputer atau pun pengguna laptop. Mouse wireless dapat bekerja dalam jarak yang cukup jauh karena mouse ini tidak menggunakan kabel. Untuk harganya pun mouse wireless lebih mahal bila dibandingkan dengan mouse jenis lainnya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:50:00

0 komentar:

Post a Comment