Pengertian Keyboard dan Fungsi Keyboard Pada Komputer

Posted by Ashari

Pengertian dan Fungsi Keyboard. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang terdapat pada komputer. Pada awal penciptaannya, keyboard diilhami oleh mesin tik yang dirancang oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh atau teletype. Pada tahun 1946, komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

Pengertian keyboard sendiri adalah perangkat keras komputer yang berupa papan kunci yang di dalamnya terdapat tombol-tombol untuk memberikan masukan seperti huruf, angka, karakter khusus dan tombol yang memiliki fungsi tertentu.

Keyboard Komputer

Keyboard termasuk kedalam perangkat input (masukan) dalam komputer. Dalam komputer, peranan keyboard sangat penting keberadaannya. Salah satu peranan keyboard adalah sebagai pengganti dari fungsi mouse. Berdasarkan port-nya keyboard terdapat 2 macam yaitu keyboard PS/2 dan keyboard USB, namun seiring dengan perkembangan zaman maka muncul keyboard tipe wireless.

Fungsi Keyboard


Secara umum fungsi keyboard adalah untuk menginputkan suatu perintah ke komputer berupa huruf, angka, karakter khusus serta tombol-tombol yang memiliki fungsi tertentu.

Baca Juga : Jenis-Jenis Keyboard Pada Komputer (Lengkap Dengan Gambar)

Berdasarkan fungsinya, tombol-tombol yang terdapat dalam keyboard dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, diantaranya

1. Tombol Ketik (Alphanumerik)

Pada bagian tombol ini berisi tombol huruf, angka dan karakter simbol tertentu. Tombol ketik atau alphanumerik berfungsi pada saat kita sedang melakukan pengetikan pada komputer. Dalam bagian ini terdapat tombol tambahan seperti backspace, spasi, enter dan lain-lain.

2. Tombol Numerik

Fungsi keyboard pada bagian tombol ini adalah untuk memasukan bilangan atau angka dari 0-9 serta kumpulan tombol untuk operasi matematika dengan tata letaknya seperti kalkilator yang lazim digunakan. Pada bagian tombol numerik ini terletak pada bagian kanan keyboard.

3. Tombol Fungsi

Keyboard berdasarkan tombol fungsi terdiri dari tombol F1, F2, F3 hingga F12. Pada tombol bagian ini digunakan untuk melakukan yang spesifik dan biasanya disesuaikan dengan software yang sedang digunakan. Sebagai contoh saat kita sedang menggunakan salah satu program aplikasi, jika kita menekan tombol F1 maka akan muncul jendela bantuan dari program aplikasi tersebut. Letak tombol ini biasanya terdapat pada bagian atas keyboard.

4. Tombol Kontrol


Tombol kontrol ini berfungsi untuk menjalankan perintah pada keyboard dengan mengkombinasikan dengan tombol lain secara bersamaan. Tombol ini terdiri dari ctrl, alt, shift, windows dan tab. Sebagai contoh jika kita akan membuka Windows Explore di sistem operasi Windows maka kita tekan tombol windows+E pada keyboard.

5. Tombol Navigasi


Fungsi tombol navigasi pada keyboard yaitu untuk navigasi dalam dokumen atau halaman web. Pada tombol ini terdapat tombol arah yaitu disimbolkan dengan tanda panah yang terdiri dari panah atas, bawah, kanan dan kiri. Ada juga tombol Page Up dan Page Down yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan layar. Ada juga tombol Home dan End, tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal atau ke akhir kalimat dalam sebuah dokumen.

Itulah beberapa fungsi dari keyboard komputer, sebenarnya masih banyak fungsi dari keyboard yang belum Saya definisikan.

Demikianlah artikel singkat mengenai Pengertian Keyboard Beserta Fungsi Keyboard. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi Anda. Jangan lupa untuk share agar lebih bermanfaat bagi orang lain. Terima Kasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:45:00

0 komentar:

Post a Comment