Jenis-Jenis Komputer Pribadi

Posted by Ashari

Pada zaman sekarang ini, jenis-jenis komputer sudah semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi. Komputer sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat luas. Jika dulu komputer hanya sebatas berada diruang kerja, tetapi kini anak kecil pun sudah akrab dengan komputer. Hal ini dibuktikan dengan adanya komputer pribadi yang bermunculan dengan aneka merk dan bentuk yang memudahkan manusia untuk menggunakannya.

Komputer Pribadi atau istilah dalam bahasa Inggrisnya disebut Personal Computer (PC) adalah jenis komputer yang biasa digunakan dan dapat diperoleh dengan mudah oleh manusia. Komputer pribadi bisa disebut juga dengan mikrokomputer.

Jenis-jenis komputer pribadi sendiri diciptakan dalam bentuk yang berbeda. Ada yang yang namanya komputer desktop, laptop, netbook dan yang lainnya. Nah, untuk mengetahui lebis jelas mengenai jenis-jenis komputer pribadi, saya akan bahas satu persatu jenis-jenis dari komputer pribadi.

1. Komputer Desktop
 

Pada komputer jenis desktop sangat populer sekali bagi kalangan masyarakat. Penggunaan komputer desktop penggunaannya ditujukan pada satu lokasi. Biasanya komputer ini berada ditempat kerja dan rumah tangga untuk keperluan sehari-hari. Komputer desktop terdiri dari beberapa komponen seperti monitor, CPU, keyboard, mouse dan lain-lain. Untuk suku cadang komputer desktop sangat mudah didapat sehingga memudahkan untuk upgrade komputer. Seiring dengan perkembangan waktu, banyak perusahaan yang memproduksi bagian-bagian komputer jenis ini sehingga memudahkan pengguna untuk membeli secara terpisah mulai dari processor, RAM, keyboard, mouse dan lain-lain. Banyak juga pengguna komputer desktop yang merakit sendiri komputernya.

2.    Laptop


Laptop adalah jenis komputer pribadi portable dibuat untuk para pengguna yang bersifat mobile sehingga komputer ini bisa dibawa kemana saja. Penggunaan laptop ini sangat praktis karena dengan ukurannya yang kecil bisa digunakan dimana saja. Bagian-bagian laptop terdiri dari built-in keyboard, touch pad bertindak sebagai sebuah mouse dan liquid crystal display (LCD).

3. Netbook


Netbook ini merupakan bagian dari jenis-jenis laptop, hanya saja netbook ukurannya lebih kecil dan lebih ringan daripada laptop. Harga sebuah netbook lebih murah dari laptop. Cara kerja netbook sama dengan laptop, yang membedakan hanya ukurannya saja. Pada saat ini banyak orang yang menggunakan netbook dikarenakan ukuran yang kecil dan lebih ringan untuk dibawa.

4.    PDA (Personal Digital Assistant)

PDA (Personal Digital Assistant) merupakan mobile device (perangkat berjalan) yang berfungsi sebagai pengatur kegiatan pribadi. Disebut juga sebagai Personal Information Manager (PIM), perangkat ini memakai memory falsh untuk mekanisme penyimpanan data dan biasanya tidak memiliki keyboard sehingga untuk proses penginputan data, pengguna menggunakan layar sentuh pada PDAnya. PDA dengan versi lebih besar dan lebih berat disebut dengan handheld computer.

5.    Server


 Komputer server berfungsi untuk memberikan pelayanan terhadap client. Biasanya computer server digunakan dalam jaringan komputer. Komputer server biasanya memiliki kemampuan lebih dibanding dari computer client dan komputer server memiliki spesifikasi hardware yang tinggi, hal ini dikarenakan tugas dari server itu sendiri yang menyediakan layanan kepada client.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

6.    Weareble komputer



Komputer yang satu ini merupakan jenis yang dipakai pada tubuh manusia seperti jam tangan, kacamata, ponsel, atau bahkan pakaian. Wearable komputer kini sedang menjadi mode dalam dunia teknologi dan menjadi bahan penelitian di beberapa perusahaan teknologi besar. Bebrapa contoh wearable komputer yang sudah beredar di pasaran saat ini adalah Samsung Galaxy Gear dan Google Eye.

7.    Komputer Tablet


Komputer Tablet adalah jenis komputer yang hampir sama dengan laptop atau netbook. Hanya saja komputer jenis ini lebih simple dan lebih mobile. Layar yang digunakannya menggunakan teknologi sentuh. Contoh Komputer Tablet seperti iPad, Samsung Galaxy Tab dan sekarang banyak sekali bermunculan jenis komputer ini dengan menawarkan beragam fitur canggih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:53:00

1 komentar:

  1. Kok cuman tujuh sii kata nya ada sebelas

    ReplyDelete