Pengertian dan Definisi Komputer

Posted by Ashari

Di zaman modern yang serba canggih seperti sekarang ini, hampir semua orang mengenal komputer. Hampir semua orang dari berbagai profesi mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, eksekutif, pengusaha dan profesi lainnya menggunakan komputer. Hal ini dilakukan untuk memudahkan semua pekerjaan sesuai dengan bidang yang digelutinya. Namun, tahukah anda apa pengertian komputer itu?  Nah, kali ini saya akan membahas tentang Pengertian dan Definisi Komputer, silakan anda menyimaknya.

Pengertian Komputer

gambar dari show-computer.com

Awalnya kata komputer itu berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang artinya menghitung, dan dalam bahasa Inggris yaitu to compute yang artinya berarti menghitung. Hal ini ditujukan untuk orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika. Namun, seiring dengan perkembangannya, komputer tidak hanya digunakan sebagai alat hitung tetapi bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan.

Baca juga yang lainnya :  Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi I-V

Berikut ini saya tuliskan beberapa pengertian komputer menurut para ahli yang saya kutip dari berbagai sumber.

  • Menurut H. Blissmer (1985)
    Pengertian Komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Menurut Donald H. Sanderes (1985)
    Pengertian Komputer adalah merupakan suatu system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuah memory.
  •  Menurut Elias M. Awad
    Pengertian komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
  • Menurut William M. Fuori
    Pengertian Komputer adalah merupakan suatu pemroses data (data processor) yang bisa melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia selama pemrosesan.
  • Menurut Larry Long dan Nancy Long
    Pengertian Komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya. 
  • Menurut Gordon B. Davis 
    Pengertian Komputer adalah merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
  • Menurut VC. Hamacher ZG 
    Pengertian Komputer adalah merupakan mesin penghitung elektronik yang bisa dengan cepat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Masih banyak definisi-definisi pengertian dari komputer menurut para ahli, hanya sebagian saja yang dapat saya sajikan dalam tulisan ini. Jadi dapat disimpulkan Komputer adalah suatu kumpulan alat elektronik yang saling berhubungan yang terdiri dari alat input, alat proses dan alat output yang bekerja berdasarkan perintah dan instruksi. 

Itulah pengertian dan definisi komputer dari beberapa pakar. Semoga dengan tulisan yang singkat ini akan menambah wawasan anda.


    Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:22:00

    4 komentar:

    1. terimakasih banyak untuk informasinya...

      ReplyDelete
    2. Terima kasih,saya faham untuk pengertian dan definisi nya🙏

      ReplyDelete
    3. Terimakasih banyak pak ntuk materi hari ini��

      ReplyDelete