8 Tips Agar Anda Terbiasa Bangun di Pagi Hari

Posted by Ashari

Bangun pagi mungkin bukan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang apalagi saat libur akhir pekan, orang semakin malas untuk bangun pagi. Mungkin anda yang berprofesi sebagai karyawan atau siswa sekolah dituntut untuk masuk lebih awal di pagi hari. Jika anda terlambat karena bangun kesiangan, maka siap-siaplah anda untuk mendapatkan sanksi heheh.


Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi-pagi setiap hari lebih sukses dan lebih produktif dibandingkan dengan orang yang bangun siang. Mungkin di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam dituntut untuk bangun lebih awal ketika adzan bergema untuk melaksanakan Sholat Shubuh yang merupakan suatu kewajiban.

Belajar bagaimana menjadi orang yang bisa bangun pagi itu sulit bagi sebagian orang. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, tapi ada beberapa trik dan tips tentang cara bangun pagi.

1. Hindari Makan Banyak di Malam Hari

Kurangilah porsi makan anda di malam hari, disarankan untuk makan lebih awal. 2 Jam sebelum tidur adalah waktu yang tepat bagi anda untuk santap malam. Langsung tidur setelah makan adalah hal yang buruk bagi kesehatan anda terutama pencernaan. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat anda sedang tidur, sehingga tidur anda tidak bisa nyenyak atau bahkan bisa membuat anda insomnia.

2. Tidur Lebih Awal dan Kurangi Aktivitas Malam

Tidurlah lebih awal setiap jam menunjukan pukul 21.00, lakukanlah hal itu setiap hari. Jangan membiasakan diri anda melakukan aktivitas malam yang berlebih karena semakin malam anda tidur maka dipagi hari anda akan susah untuk bangun pagi. Memang benar apa yang dikatakan Bang Haji kalau kita dilarang untuk Beegaadaang heheh. Aktivitas begadang sangat tidak baik untuk kesehatan kita. 

3. Atur Alarm 

Jika tidur malam yang anda lakukan sangat nyenyak, maka bangun pada pukul setengah empat pagi dapat dengan mudah anda lakukan setiap hari. Lebih bagus anda bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan Tahajud khusu bagi anda yang beragama muslim. Olahraga pagilah selama setengah jam yang dimulai dari pukul lima pagi merupakan waktu yang sangat baik dan tepat.

4. Tidak Berlebihan Ketika Tidur Siang

Jika anda yang terbiasa tidur siang, maka lakukanlah aktivitas tidur siang selama 30-45 menit. Jaganlah berlebihan ketika tidur siang, karena efek kelamaan tidur di siang hari akan berdampak pada terganggunya tidur tepat di malam hari

5. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Meminum kopi di malam hari memang sangat nikmat. Nah, bagi anda penikmat kopi hindarilah meminumnya di malam hari. Kopi merupakan minum yang mengandung kafein yang mesti anda jauhi, karena dengan meminum kopi dapat membuat mata anda selalu melek dan dapat menggangu anda untuk tidur malam lebih awal. 

6. Jauhkan HP Dari Tempat Tidur Anda

Simpanlah HP atau Ponsel anda ditempat yang tidak dekat dengan bantal anda. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kegatelan tangan anda untuk membuka dan memainkanya hanya untuk membaca timeline di sosmed atau hanya sekedar bermain game. Hal sepele ini akan membuat anda lupa waktu sehingga jadwal tidur malam anda akan terganggu. Selain itu, tidur berdekatan dengan HP akan mengganggu kesehatan anda, hal ini dikarenakan pancaran radiasi dari signal. Mungkin efeknya akan berbahaya dalam waktu jangka panjang hidup anda.

7. Berdoa Ketika Hendak Tidur
Memang benar apa yang diajarkan oleh orang tua kita waktu kecil, yaitu "Berdoalah sebelum tidur". Hal ini dimaksudkan agar kita lebih dekat dengan Sang Pencipta dan dijauhkan dari segala marabahaya ketika anda tidur. Berdoalah dengan meminta kepada Tuhan agar kita dibangunkan di pagi hari dan jangan lupa memohon agar diberi mimpi yang indah.

8. Ikhlas dan Bersyukur
Ikhlaskanlah hati anda ketika bangun dipagi hari, seolah-olah anda bangun dalam keadaan tidak terpaksa. Yang paling penting adalah anda patut bersyukur kepada Tuhan karena anda telah di bangunkan kembali di pagi hari. Coba anda bayangkan jika anda tidur untuk selama-lamanya tanpa dibagunkan kembali dari tidur anda.

Itulah tips dan trik dari saya agar anda bisa bangun lebih awal di pagi hari. Sesungguhnya tidak ada udara yang dapat mengalahkan kesegaran udara pagi. Maka dari itu, bangunlah pagi hari lebih awal karena rezeki kita datang di pagi hari. Jangan sampai rezeki anda didahului oleh ayam yang selalu bangun lebih awal heheh..Oke sekian dulu dari saya, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda semua. 


Demo Blog NJW V2 Updated at: 23:29:00

0 komentar:

Post a Comment