Manfaat Jaringan Komputer

Posted by Ashari

Manfaat Jaringan Komputer. Pembangunan jaringan komputer di perusahaan atau organisasi, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dalam hal-hal sharing resources, media komunikasi, integrasi data, pengembangan dan pemeliharaan, keamanan data, sumber daya lebih efisien dan informasi terkini.

Manfaat Jaringan Komputer
Image by Google
 
Berikut adalah penjelasan tentang Manfaat Jaringan Komputer

1. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

Dengan kata lain, seorang pemakai yang letaknya sangat jauh sekalipun dapat memanfaatkan data maupun informasi yang lainnya tanpa mengalami kesulitan. Jadi dengan adanya sharing resources ini dapat menekan biaya pembelian peripheral atau software karena adanya peningkatan sumber daya tersebut.

2. Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. Dengan menggunakan jaringan computer, dua orang tau lebih yang jaraknya sangat jauh akan lebih mudah bekerja sama.

Misalkan ada 2 orang pegawai di suatu perusahaan yang tempat tinggalnya berjauhan, mereka tetap bisa bekaeja sama dalam pembuatan laporan. Pada saat seorang pegawai membuat suatu perubahan disebuah dokumen on-line, pegawai lainnya dapat mengetahui perubahab tersebut dengan segera, tidak perlu menunggu datangya surat.

Perubahan yang cepat inilah yang mengakibatkan kerja sama di kelompok-kelompok kerja yang sangat jauh menjadi sangat mudah. Dalam hal ini system penjadwalan, pemantauan kerja dan lainnya dapat membuat tim bekerja dengan lebih efektif.

3. Integrasi Data
Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada computer pusat. Setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu computer saja, melainkan dapat didistribusiakn ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi sehingga dengan demikian memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

4. Pengembangan dan Pemeliharaan
Dengan adanya jaringan komputer ini, maka pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, misalkan untuk meningkatkan kualitas pencetak dari dot matrix ke laser printer, maka tidak perlu membeli laser printer sejumlahkomputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer tersebut dapat digunakan secara bersama-sama.

Jaringan komputer juga bisa memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada di komputer pusat

5. Keamanan Data
Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan keamanan data tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga daya mendapatkan perlindungan yang efektif.

6. Sumber Daya lebih efisien dan Informasi terkini
Dengan adanya pemakai sumber daya secara bersama-sama, maka pemakai bisa mendapatkan hasil dengan maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

Itulah penjelasan singkat tentang Manfaat Jaringan Komputer, semoga bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:21:00

0 komentar:

Post a Comment