Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

Posted by Ashari

Di dalam komputer terdapat jenis-jenis komponen utama yang harus terpenuhi. Komponen utama komputer tersebut dibagi kedalam 3 kategori yaitu Perangkat Keras (hardware), Perangkat Lunak (software) dan Pengguna (brainware). Ketiga komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain. Tanpa adanya ketiga komponen tersebut sebuah komputer tidak akan berfungsi dengan baik.


Pengertian Perangkat Keras atau hardware adalah komponen-komponen fisik yang dapat dilihat, disentuh dan berwujud sehingga membentuk suatu kinerja sistem komputer. Fungsi perangkat keras sendiri diantaranya untuk menyimpan data, memproses data, alat masukan dan alat keluaran.

Nah, pada pembahasan kali ini, Saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis atau komponen-komponen perangkat keras yang ada pada komputer. Baiklah kita langsung saja ke pembahasan bagian-bagian komputer.

Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

Secara umum bagian-bagian perangkat keras (hardware) komputer dibagi kedalam 4 kategori. Pembagian tersebut dibedakan berdasarkan fungsi dari perangkat keras tersebut. Penjelasan 4 kategori tersebut adalah sebagai berikut.
  • Input Device : yaitu alat input atau alat masukan yang ada pada perangkat komputer.
  • Process Device : yaitu alat untuk menjalankan pemrosesan pada sistem komputer.
  • Output Device : yaitu alat output atau alat keluaran pada sistem komputer.
  • Storage Device : yaitu alat untuk menyimpan data pada komputer.
Untuk lebih memahami dari keempat kategori perangkat keras tersebut, mari kita simak pembahasannya satu-persatu.

Input Device

Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan yang kemudian diproses didalam komputer. Fungsi dari input device adalah sebagai alat masukan dari luar berupa data atau program kedalam sistem komputer yang diproses sehingga menghasilkan suatu informasi yang berdaya guna.

Input device merupakan bagian dari siatem komputer yang saling berhubungan dan saling berkaitan sehingga dengan adanya input device, komputer akan berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan.
Bagian-Bagian Perangkat Input Device

1. Keyboard
 

Keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Fungsi dari keyboard adalah untuk menginputkan data berupa huruf, angka dan karakter-karakter khusus. Keyboard pada komputer ada 2 macam yaitu PS2 dan USB, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

2. Mouse
 
Mouse adalah perangkat keras komputer yang termasuk kedalam alat input yang digunakan untuk menggerakan kursor dan menjalankan perintah. Penggunaan nama mouse berasal dari bahasa Inggris yang berarti tikus, karena bentuk dan kerjanya seperti tikus dan suka menyelinap.
Saat ini mouse yang beredar terdiri dari 2 jenis yaitu mouse yang menggunakan kabel dan mouse tanpa kabel(wireless).

3. Scanner
Scanner adalah alat input pada komputer yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin foto copi, akan tetapi dengan scanner data dapat diubah dalam bentuk file gambar (image) sehingga dapat disimpan di dalam komputer.

Fungsi dari scanner bermacam-maacam yaitu mengkopi atau menyalin  gambar atau teks yang kemudian disimpan  dalam memori komputer, memindai tulisan dan menyimpannya  dalam format teks, memindai dan menyimpan dalam format picture, ada pula yang berfungsi  untuk memindai warna hitam seperti  yang  dilakukan alat periksa kertas ujian.

4. Joystick


Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Alat ini umumnnya digunakan sebagai:
1. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
2. Untuk megontrol permainan video.
3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.

5. Trackball

Trackball adalah perangkat keras yang termasuk kedalam alat input komputer yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan yang digunakan pada komputer.

6. PC Camera (WebCam)


Webcam atau Web Camera adalah jenis perangkat input komputer yaitu kamerareal-time yang digunakan untuk saling bertatap muka yang gambarnya bisa dilihat melalui jaringan lokal atau internet dengan menggunakan aplikasi chatting yang mendukung fitur tersebut. Web cam juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung, namun perlu di sadari kebanyakn pengguna menggunakan piranti ini hanya untuk chat video.

Process Device


Process Device adalah unit yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data yang telah di input atau dimasukan melalui perangkat input device. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan proses tersebut diantaranya processor, memory, power suply, vga card

Baca Juga : Cara Menginstal Windows 7 Dengan Mudah di PC/Laptop (Plus Gambar Lengkap)

Berikut adalah macam-macam perangkat keras komputer yang termasuk kedalam jenis Process Device. 

1. Processor


Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.

2. Memory (RAM)


RAM adalah : Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.

3.  ROM

ROM adalah : Memori yang hanya dapat dibaca. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan.

4. Motherboard
 

Motherboard berasal dari bahasa Inggris yang berarti papan induk, ada juga yang menyebut mainboard, dan ada juga yang menyebut mobo. Pengertian motherboard adalah papan sirkuit atau papan induk tempat menaruh berbagai macam komponen elektronik yang saling berkaitan satu sama lain, biasanya terdapat pada komputer (PC).

Seperti yang kita ketahui, motherboard atau mainboard pada PC merupakan tempat memasang komponen-komponen komputer yang didalamnya terdapat soket tempat memasang processor, RAM, Harddisk, VGA, Sound Card, LandCard dan komponen pendukung lainnya.

5. VGA Card


VGA card Atau nama latinnya Video Graphic Array adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.

6. Power Supply


Power Supply atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Catu Daya adalah suatu alat listrik yang dapat menyediakan energi listrik untuk perangkat listrik ataupun elektronika lainnya.  Pada dasarnya Power Supply atau Catu daya ini memerlukan sumber energi listrik yang kemudian mengubahnya menjadi energi listrik yang dibutuhkan oleh perangkat elektronika lainnya. Oleh karena itu, Power Supply kadang-kadang disebut juga dengan istilah Electric Power Converter.

Output Device


Output device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,angka,simbol khusus), image (dalam betuk grafis atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).

Bagian-Bagian Perangkat Output Devive

1. Monitor


Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer. Fungsi dari monitor adalah memberikan dan menampilkan informasi atau data instruksi yang dihasilkan oleh komputer.

2. Printer


Printer adalah perangkat keras dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer yang  bisa digunakan untuk keperluan mencetak dalam bentuk kertas.

3. Proyektor
Proyektor adalah alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor, biasa digunakan untuk presentasi karena gambar yang dikeluarkan dipencarkan melalui cahaya yang langsung bisa dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.

4. Speaker


Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Fungsi speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara

Storage Device

 


Storage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data dalam sebuah komputer. Contohnya seperti flashdisk, cd dan lainnya yg fungsinya sebagai media penyimpanan data.

Itulah beberapa bagian dari Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer, Semoga bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:49:00

0 komentar:

Post a Comment