Pengertian Sistem Informasi

Posted by Ashari

Pengertian Sistem Informasi. Berikut ini adalah pengertian informasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli yaitu, informasi menurut Jogianto Hartono dalam buku Analisis dan Desain, yaitu Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

Sedangkan pengertian informasi menurut Abdul Kadir dalam buku Pengenalan Sistem Informasi, yaitu "Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang”.

sistem informasi
Image by Google
Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data yang dapat memberikan makna dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan untuk masa yang akan datang. 

Siklus Informasi


Untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi penerima, perlu untuk dijelaskan bagaimana siklus yang terjadi atau dibutuhkan dalam menghasilkan informasi. Siklus informasi atau siklus pengolahan data adalah sebagai berikut :

Siklus Informasi
Siklus Informasi
Baca Juga : Pengertian Sistem, Karakteristik, Elemen dan Klasifikasi Sistem

Kualitas Informasi


Kualitas dari suatu informasi (quality of information) tergantung dari tiga hal, yaitu informasi harus akurat (accurate), tepat pada waktunya (timeliness) dan relevan (relevance), tiga hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Akurat
Artinya informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

2. Tepat Waktu
Berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi. Karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan. Bila pengambilan keputusan terlambat, maka data berakibat fatal untuk organisasi.

3. Relevan
Berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Informasi yang disampaikan harus mempunyai keterkaitan dengan masalah yang akan dibahas dengan informasi tersebut.

Menurut Jogianto Hartono kualitas dari informasi dapat digambarkan dengan bentuk bangunan yang ditunjang oleh tiga buah pilar, gambar pilar kualitas informasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Kualitas Informasi
Pilar Kualitas Informasi


Pengertian Sistem Informasi


Terdapat beberapa pengertian sistem informasi menurut beberapa ahli antara lain adalah sebagai berikut. Definisi sistem informasi yang di tulis oleh Jogianto Hartono dapat dijelaskan sebagai berikut :

“Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan”.

Pengertian sistem informasi yang di tulis oleh Abdul Kadir dapat dijelaskan sebagai berikut :

“Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi”.

Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengertian Sistem Informasi adalah suatu sistem yang dibutuhkan dalam mengolah transaksi-transaksi yang bersifat manajerial yang membutuhkan kombinasi antara prosedur kerja, informasi, manusia dan teknologi dalam pembuatan laporan-laporan.

Komponen Sistem Informasi


Dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen sebagai berikut :
  1. Perangkat keras (hardware),  mencakup berbagai peranti fisik seperti komputer dan printer.
  2. Perangkat lunak (software) atau program, yaitu sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras memproses data.
  3. Prosedur, yaitu sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
  4. Orang, yaitu semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan dan penggunaan keluaran sistem informasi.
  5. Basis data (database), yaitu sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
  6. Jaringan komputer dan komunikasi data, yaitu sistem penghubung yang memungkinkan sumber (resource) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.
Itulah penjelasan mengenai Pengertian Sistem Informasi yang telah Saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:48:00

0 komentar:

Post a Comment