Pengertian Motherboard, Fungsi dan Bagian-Bagian Motherboard

Posted by Ashari

Bagi sebagian besar para pengguna komputer atau PC, pasti mengetahui dengan komponen komputer yang bernama motherboard. Tetapi masih banyak juga yang belum mengetahui pengertian serta fungsi dari motherboard. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas sedikit tentang pengertian motherboard, fungsi motherboard dan bagian-bagian dari motherboard. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Motherboard

Motherboard berasal dari bahasa Inggris yang berarti papan induk, ada juga yang menyebut mainboard, dan ada juga yang menyebut mobo. Pengertian motherboard adalah papan sirkuit atau papan induk tempat menaruh berbagai macam komponen elektronik yang saling berkaitan satu sama lain, biasanya terdapat pada komputer (PC).
Seperti yang kita ketahui, motherboard atau mainboard pada PC merupakan tempat memasang komponen-komponen komputer yang didalamnya terdapat soket tempat memasang processor, RAM, Harddisk, VGA, Sound Card, LandCard dan komponen pendukung lainnya.

Fungsi Motherboard

Motherboard atau mainboard merupakan perangkat utama dalam komputer dan mempunyai peran penting dalam keberlangsungan kinerja komputer. Seperti yang kita ketahui di awal, motherboard memiliki fungsi yaitu menghubungkan seluruh komponen-komponen yang menyusun sebuah komputer. Komponen-komponen tersebut antara lain processor, RAM, harddisk, VGA Card, Lan Card dan lain-lain. Tugas motherboard disini adalah menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Baca Juga :Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

Selain itu, dalam kerjanya motherboard memiliki tugas mengatur hal-hal teknis lainnya, seperti pengaturan BIOS (Basic Input Output System), prosesor, RAM, VGA Card dan additional card (PCI,ISA).
Komponen dan Bagian-Bagian Motherboard

Pada intinya motherboard terdiri dari beberapa komponen dan bagian-bagian yang memiliki masing-masing fungsi. Motherboard terdiri dari 2 bagian yaitu internal motherboard dan eksternal motherboard. Internal motherboard yaitu bagian-bagian motherboard yang biasanya berada di dalam casing komputer, sedangkan ekternal motherboard adalah bagian-bagian (port) yang digunakan untuk menancapkan komponen tambahan pada komputer.

Berikut adalah sedikit penjelasan tentang bagian-bagian yang ada pada motherboard.
Dari gambar internal motherboard diatas terdapat beberapa slot yang telah ditandai. Berikut adalah penjelasan dari tiap-tiap slot motherboard.

CPU Socket adalah slot yang digunakan untuk memasang processor, berukuran sesuai dengan ukuran dari processor.
  • Memory Slots adalah slot atau tempat untuk memasang RAM pada motherboard.
  • Power Connector adalah tempat untuk menyambungkan kabel power dari power supply
  • SATA Port adalah port yang digunakan untuk menyambungkan kabel hardisk atau dvd room
  • PCI Slots adalah slot untuk memasang perangkat LAN Card
  • VGA Slot adalah slot untuk memasang perangkat VGA Card
  • IDE Port adalah port untuk memasang kabel IDE
Penjelasan yang termasuk kedalam  eksternal motherboard :
  • Port PS/2 Keyboard adalah port untuk memasang keyboard, biasanya port ini berwarna ungu dan digunakan oleh keyboard jenis port PS/2.
  • Port PS/2 Mouse adalah port untuk memasang mouse, biasanya port ini berwarna hijau.
  • USB adalah port untuk memasang USB
  • Printer Paralel Port adalah port yang digunakan untuk printer
  • Com1 dan Com2 adalah port serial yang biasa digunakan untuk mouse dan keyboard.
  • VGA Port adalah port untuk menyambungkan komputer dengan layar monitor 
  • Game Port adalah port yang digunakan untuk joystick
  • Audio Line Out, Audio Line In dan Microphone adalah untuk memasang audio speaker.
Demikianlah sedikit penjelasan tentang Pengertian Motherboard, Fungsi dan Bagian-Bagian Motherboard, Semoga tulisan ini bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:46:00

0 komentar:

Post a Comment