Biografi Bill Gates, Pendiri Microsoft dan Orang Terkaya Dunia

Posted by Ashari

Kisah Sukses Bill Gates Pendiri Microsoft dan Orang Terkaya di Dunia
Bill Gates, siapa yang tidak kenal dengan sosok orang sukses yang satu ini. Mungkin bagi para pengguna komputer sudah tidak asing lagi dengan Bill Gates. Ya dialah pendiri sekaligus pemilik perusahan software terbesar. Di tahun 2015, baru saja dia dinobatkan kembali menjadi orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan US$ 79,5 miliar. Dia mengalahkan Carlos Slim yang berada di urutan kedua.
Tentu saja kesuksesan yang diraih Bill Gates tidak didapat secara instan, berkat kecerdasan dan kerja kerasnya dia berhasil menjadikan Microsoft menjadi raksasa di dunia IT khususnya software. Pria jenius ini merupakan aset yang berharga di dunia, bersama rekannya Paul Allen, Gates telah merevolusi komputer di era 1980-an, khususnya di bidang software. Berkat inovasinya telah mengubah cara hidup masyarakat dunia hingga era modern sekarang ini.

bill gates
sumber : geekwire.com
Sebagai orang terkaya di dunia, tentu saja dia memiliki segala hal seperti yang didambakan oleh kebanyakan orang. Mulai dari rumah mewah yang super luas, jet pribadi dan barang-barang berharga lainnya.

Selain menjadi orang terkaya, Bill Gates juga terkenal sebagai orang yang dermawan. Kini di masa senjanya, Gates menyempurnakan hidupnya sebagai seorang filantropis. Tercatat telah ratusan juta dollar AS yang Ia sumbangkan untuk kemanusiaan. Kini Bill Gates telah mundur sebagai pimpinan dari Microsoft dan sekarang lebih aktif mengabadikan hidupnya dibidang kemanusiaan melalui yayasan Melinda Gates Foundation.
Berikut kisah perjalanan hidup Bill Gated yang telah Saya rangkum dari berbagai sumber.

Biografi Bill Gates

Bill Gates atau memiliki nama lengkap William Henry Gates III adalah seorang pengusaha, investor, filantropis dan penulis yang berasal dari Amerika Serikat. Gates dilahirkan di Seattle, Washington, AS pada tanggal 28 Oktober 1955. Gates lahir dari pasangan William H. Gates, Sr dan Mary Maxwell. Kedua orang tua Bill Gates berasal dari keturunan Inggris, Jerman dan Irlandia. Ayahnya bekerja sebagai pengacara terkenal dan ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur First Interstate BancSystem. Ketika Gates masih kecil, dia sudah menujukan bakat jeniusnya. Terbukti pada saat itu dia menunjukan hasil yang memuaskan untuk mata pelajaran IPA dan Matematika. Pada saat itu, orang tua Gates mengharapkan agar dewasa nanti Bill Gates berkarir di bidang hukum.
Mengetahui bakat anaknya yang jenius, maka orang tuanya memasukan Bill Gates ke sekolah bergengsi yang bernama Lakeside School. Di sekolah inilah Gates pertama kali berkenalan dengan komputer pada tahun 1968. Hampir semua jam pelajaran disekolahnya dihabiskan hanya untuk bermain komputer selama setahun penuh.
Bersama Paul Allen dan 2 temannya, Gates melewatkan hari-harinya dengan mempelajari komputer dan menulis program yang semuanya belajar secara otodidak. Dengan waktu yang cepat Gates dapat mengusai Basic, sebuah bahasa pemrograman komputer.
Semasa sekolah Gates pernah melakukan keisengan ketika sekolahnya meminta Gates untuk membuatkan program komputer untuk jadwal kelas siswa. Pada waktu itu Gates memodifikasi kode-kode programnya sehingga ia ditempatkan di kelas yang didominasi oleh perempuan. Tidak sampai disitu, Gates bersama 3 rekannya juga pernah iseng dengan melakukan eksploitasi bug di sistem operasi agar bisa bermain komputer lebih lama. Alhasil dia diberi hukuman oleh sekolahnya untuk tidak menggunakan komputer selama beberapa waktu.
Pasca hukuman berakhir, Gates dan rekan-rekannya mendapat tawaran pekerjaan dari Computer Center Corporation, yang bertugas menguji keamanan sistem yaitu menemukan bug di sistem komputer perusahaan tersebut. Gates juga diberi kebebasan untuk menggunakan komputer yang ada di perusahaan tersebut. Gates pernah mengungkapkan bahwa disinilah dirinya dapat menjelajahi komputer yang menjadi cikal bakal berdirinya Microsoft.
Gates lulus dari Likeside School dengan nilai yang sempurna. Selepas lulus, Ia melanjutkan kuliah di Harvard University ketika musim gugur pada tahun 1973. Gates mengambil kuliah jurusan hukum seperti apa yang diinginkan ayahnya.Namun bakat Gates lebih condong ke dunia komputer, sehingga dia lebih banyak menggunakan komputer dibanding mempelajari bidang hukum.
Ketika kuliah di Harvard University. Pada tahun 1974, surat kabar Populer Mechanics memuat gambar peluncuran komputer mikro MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080. Mendengar berita peluncuran komputer tersebut, Bill Gates bersama Paul Allen berdiskusi bahwa era komputet rumah akan segera meledak dan mereka menyadari bahwa ini merupakan peluang bisnis yang bagus. Inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan raksasa perangkat lunak, Microsoft.

Bill Gates Mendirikan Microsoft Corp

Demi meraih sebuah impiannya, akhirnya Bill Gates memilih dropout dari Harvard. Pada tahun 1975, Ia bersama rekannya Paul Allen mendirikan perusahaan yang dinamai Micro-soft dan berkantor di Alburquerque. Pada saat itu, mereka bekerja sama dengan Micro Instrumentation
and Telemetry Systems (MITS) yaitu mengembangkan Altair 8800. Pada saat itu Pimpinan MITS tertarik dengan konsep sistem operasi yang ditawarkan oleh Bill Gates.

Sumber : techcrunch.com


Pada tahun 1967, nama perusahaan Bill Gates diganti dengan menghilangkan tanda penghubung menjadi Microsoft dan nama dagang "Microsoft" didaftarkan di Kementrian Luar Negeri New Mexico.
Seiring dengan perkembangan waktu, kerjasama antara Microst dan MITS berakhir karena berbeda pandangan.

Setelah putus kerja sama dengan MITS, Microsft mendapat tawaran kerja sama dari IBM sebuah perusahaan raksasa perangkat keras untuk mengembamgkan sistem operasi yang akan diterapkan pada IBM PC. Awalnya Microsoft menawarkan sistem operasi CP/M untuk diterapkan di komputer IBM, namun IBM menolak sistem operasi tersebut. Akhirnya Microsoft menawarkan alternatif kedua yaitu yaitu sistem operasi 86-DOS, barulah pihak IBM menerimanya.

Dengan 86-DOS, Bill bersama Microsoftnya mulai mengembangkan sistem operasi tersebut sehingga terciptalah sistem operasi MS-DOS. Dengan lahirnya sistem operasi MS-DOS, mulailah Microsoft merajai pasar sistem operasi dunia. Perlahan tapi pasti Microsoft menjadi perusahaan software raksasa dan menjadikan Bill Gates menjadi seorang yang kaya raya. Microsoft menjadi terkenal setelah perusahaan itu mengeluarkan sistem operasi Microsoft Windows di tahun 1985. Hingga saat ini kita pun masih bisa menikmati hasil karya Bill Gates dan Microsoft dengan versi terbarunya yaitu Windows 10.

Kesuksesan Bill Gates bersama Microsoft tidak serta merta berjalan mulus. Bill Gates pernah tersandung masalah hukum yaitu pada tahun 1990, Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan telah melakukan monopoli penjualan perangkat lunaknya terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Tidak hanya itu, di tahun 1999 Bill Gates juga tersandung hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat.
Pada bulan Januari 2000, Bill Gates resmi mengundurkan diri sebagai pejabat eksekutif Microsoft, tapi dia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek. Di tahun yang sama, Gates juga mendirikan yayasan kemanusian yang bernama Melinda Gates Foundation. Melalui yayasan ini Bill Gates kini lebih aktif dalam menikmati masa pensiunnya dengan kegiatan amal. Tercatat Bill Gates telah mengeluarkan 1,5 miliar dollar untuk kegiatan amalnya dalam membantu sesama.

Itulah kisah inspiratif dari seorang Bill Gates. Seorang legenda hidup yang telah mengubah wajah dunia berkat inovasinya yang mengagumkan. Banyak yang kagum terhadap sosok Bill Gates, banyak pula yang membencinya. Seorang manusia yang ditakdirkan menjadi manusia terkaya sejagat, namun dia tidak pelit terhadap apa yang dimilikinya. Terbukti dengan kegiatannya di bidang kemanusiaan dengan menafkahkan hartanya untuk berbagi bersama. Demikianlah kisah singkat dari seorang Bill Gates, semoga menjadikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:26:00

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomogin Bill Gates, tau ga sih temen-temen kalo ternyata Bill Gates itu pernah ditangkap polisi sebanyak 3 kali. Cek faktanya di sini ya: Wah, Bill Gates ternyata pernah ditangkap polisi!

    ReplyDelete