Cara Setting Jaringan Wireless Antar Laptop (Hotspot/Wifi)

Posted by Ashari

Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan tentang cara setting jaringan peer to peer di Windows 7 dengan menggunakan media kabel. Nah pada pembahasan kali ini saya akan mencoba membahas tentang bagaimana cara menghubungkan antar laptop atau komputer (pc) dengan menggunakan wireless sebagai penghubungnya.
Pada dasarnya untuk membuat koneksi jaringan wireless antar laptop  sangatlah mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara setting menggunakan kabel. Untuk lebih detailnya silahkan Anda simak langkah-langkah setting konfigurasi jaringan wireless antar laptop berikut ini.
Untuk laptop pertama akan kita gunakan sebagai hotspot (server), sedangkan laptop yang lainnya akan dijadikan sebagai client.

Cara setting laptop server (hotspot)
 
1. Nyalakan kedua Laptop/PC kemudian aktifkan Wifi pada kedua laptop tersebut.
2. Klik Star kemudian pilih Control Panel 
3. Maka akan muncul jendela Control Panel, lalu silakan Anda pilih menu Network and Sharing Center.

 

4. Pada jendela Network and Sharing Center, pilih menu Change adpter setting di sebelah kiri.


5. Akan muncul jendela Network Connection, kemudian klik kanan pada Wireless Network Connection kemudian pilih properties.

6. Berikutnya Anda akan dibawa pada jendela wireless network connection Properties, silahkan Anda sorot Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4) kemudian pilih properties.


 7. Pada jendela Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4), pilih Use the following IP address kemudian isi  IP Address 192.168.137.1 dan Subnet mask 255.255.255.0. Untuk Default gateway, Prefered DNS Server dan Alternate DNS Server Anda kosongkan saja dan klik OK. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar diatas.

Baca juga :Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot tanpa Software pada Windows 7

8. Berikutnya adalah memberikan nama hotspot pada komputer server. Silahkan Anda kembali ke jendela Network and Sharing Center. Pilih menu Set up a new connection or network



9. Akan muncul jendela Set up a Connection or Network, kemudian pilih menu Set up wireless ad hoc (computer-to-computer network) --> Next 


10. Pada menu Set up an Ad Hoc Network, Anda isi Network name dengan TEST (untuk nama bebas), pada Security type pilih No authentication (Open) kemudian Next --> Close.


11. Sampai sini kita telah selesai menyetting komputer yang akan dijadikan hotspot (server). Untuk mengetahui nama wifi kita silahkan Anda pilih icon signal tampak seperti gambar dibawah ini.


Cara Setting Laptop Client

Untuk setting laptop client, Anda tinggal isi IP Addres-nya dan tidak jauh berbeda langkah-langkahnya dengan cara setting laptop client, hanya saja yang berbeda no IP Adressnya berbeda dan Default gateway diisi dengan IP Address dari komputer laptop (server).

Untuk lebih jelasnya silakan Anda klik Start --> Control Panel --> Network and Sharing Center --> Change Adapter Setting --> Wireless Network Connection --> Klik kanan pilih Properties --> Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) --> Piih Properties, akan tampil seperti gambar dibawah ini.


 Berikut penjelasan pada gambar diatas :
  • IP Address : Silakan Anda isi 192.168.0.2 . Untuk IP Address jangan sampai sama dengan komputer lain agar tidak terjadi IP konflik.
  • Subnet Mask : Untuk Subnet Mask akan terisi secara otomatis yaitu 255.255.255.0, untuk semua komputer subnet mask sama tidak boleh berbeda.
  • Default gateway : Kosongkan
  • Preffered DNS : Kosongkan
  • Alternate DNS :Kosongkan
Jika sudah diisi silakan Anda klik Ok kemudian Close. Untuk komputer client silakan connect ke Wifi dari Komputer server dengan nama TEST. Sampai disini Anda telah terhubung dengan laptop hotspot.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:57:00

4 komentar:

  1. makasih bro sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat,dan membantu sekali

    ReplyDelete
  2. terimakasi gan sangat bermanfaat
    silahkan kunjungi web kami
    http://blog.binadarma.ac.id/ariezaki/

    ReplyDelete