Tips Keamanan Buat Smartphone Dari Mbah Google

Posted by Ashari

image by bgr.com
Saat ini kebutuhan orang akan perangkat smartphone atau ponsel semakin banyak saja. Smartphone atau telepon pintar kini sudah menjelma menjadi komputer mini yang memungkinkan orang untuk mengakses informasi dan layanan apa saja dengan mudahnya.

Namun, dengan semakin mudahnya Anda mengakses internet pada smartphone, maka semakin besar pula bahaya keamanan yang ditimbulkan dengan mengakses Iinternet di smartphone.

Maka dari itu Anda perlu memperhatikan keamanan pada smartphone Anda agar anda terhindar dari bahaya pembajakan dan kejahatan.

Raksasa internet Google memberikan pesan dan nasihat yang sederhana agar smartphone kita terhindar dari berbagai bahaya yang mengintai. Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk smartphone kita seperti yang dikutip dari detik i-net.

1. Mengunci layar smartphone
 
Anda tentu tidak akan membiarkan pintu rumah terbuka saat ditinggalkan. Hal sederhana ini berlaku pada perangkat yang Anda gunakan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur smartphone Anda dengan mengatur peguncian pada layar smartphone Anda. Dalam pengaturan penguncian layar ini tergantung dari jenia sistem operasi smartphone Anda. Anda bisa mengunci layar smartphone dengan menggunakan pin, password atau dengan pola agar informasi pribadi Anda tidak diketahui orang lain.

2. Memilih aplikasi yang baik

Ada berjuta-juta aplikasi yang dapat Anda download dengan mudah dan kebanyakan tersedia secara gratis. Nah, sebelum Anda mendownload sebaiknya berpikir dua kali. Pasalnya, banyak malware atau software yang berbahaya yang dapat merusak perangkat mobile Anda.

Yang harus Anda perhatikan sebelum mendownload aplikasi gratis, ada baiknya ada membaca atau mereview komentar-komentar dari pengguna lain yang telah memakai aplikasi tersebut. Selain itu, perhatikan juga hal-hal yang berkaitan dengan sistem dan kebijakan privasi untuk memahami informasi pribadi apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi.

Yang paling penting bagi Anda adalah selalu mendownload aplikasi dari sumber resmi, seperti Play Store untuk pengguna Android dan Apple Store bagi pengguna IPhone dan Ipad.

3. Hati-hati penggunaan wifi

Penggunaan wifi yang gratisan dapat dengan mudah dimanfaatkan dalam penyalahgunaan informasi pribadi. Berhati-hatilah dalam penggunaan wifi gratis yang terbuka untuk layanan umum.

Dapat dimungkinkan penyedia layanan wifi gratis dapat memantau semua lalu lintas jaringan. Selain itu bisa pula penyedia layanan memantau informasi pribadi Anda apabila koneksi tidak dienkripsi.

Maka dari itu Google menghimbau kepada para pengguna wifi umum untuk tidak memasukan informasi yang bersifat rahasia, seperti user name dan password. Hindari juga melakukan aktivitas perbankan atau transaksi online di jaringan wifi umum.

4. Melindungi anak sejak dini

Saat ini smartphone tidak hanya digandrungi orang dewasa, anak-anak pun telah banyak menggunakan smartphone dalam kehidupannya. Nah, bagi Anda yang telah memiliki putra-putri ada baiknya Anda sebagai orang tua memberikan pemahaman tentang keamanan online sebelum Anda memberikan perangkat smartphone atau table kepada putra-putri Anda.

Bekali anak-anak Anda pemahaman mengenai keamanan dalam penggunaan smartphone, situs mana saja yang boleh diakses sesuai dengan usaha mereka, informasi apa saja yang dapat mereka berikan kepada orang lain dan bekali juga mereka pemahaman tentang pentinggnya penggunaan password dan PIN yang baik.

Pemahaman diatas sangatlah penting agar mereka tidak sembarangan dalam memberikan informasi kepada orang lain. Hal ini sama pentingnya dengan pemahaman saat Anda memberikan informasi agar mereka tidak berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal di tempat umum.

Awasi dan tanyakan kepada anak-anak Anda apabila ada pihak yang meminta tentang informasi pribadi dan jangan menanggapi pesan mencurigakan sekalipun dalam pesan tersebut menawarkan hadiah.

5. Mengaktifkan android device manager

Apabila Anda memiliki ponsel berbasis Android ada baiknya Anda mengaktifkan Android device manager. Hal ini dimaksudkan untuk mencari ponsel di dalam sebuah peta.

Dengan mengaktifkan android device manager, Anda dapat melakukan panggilan, membunyikan, mengunci, menghapus file penting yang ada di ponsel ketika ponsel Anda hilang atau ada yang mencuri. Dengan cara seperti ini, informasi-informasi penting yang Anda miliki akan tetap aman.

Itulah 5 nasihat dari mbah google tentang keamanan dalam menggunakan ponsel atau smartphone. Hati-hati dan penggunaan yang bijak adalah salah satu kunci pertahanan terbaik dalam mengamankan informasi yang ada dalam perangkat smartphone Anda.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 23:13:00

0 komentar:

Post a Comment