6 Peluang Usaha Sampingan Untuk Seorang Guru

Posted by Ashari

Usaha Sampingan Bagi Guru. Apakah Anda berprofesi sebagai guru? Jika iya, Saya ucapkan selamat kepada Anda karena menjadi seorang guru adalah telah berpartisipasi dalam mencerdaskan bangsa dan memajukan negara.

Guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Guru sangat berjasa karena telah mendidik dan mengajar,memberikan ilmu pengetahuan dan budi pekerti kepada para peserta didiknya. Apa jadinya negara ini bila tidak ada guru, mungkin negara ini akan menjadi negara yang bodoh dan terbelakang dari negara-negara lain. 

guru
sumber : google.com
Bersyukurlah karena di Indonesia terdapat banyak guru yang siap mendidik dan mencetak generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seorang guru adalah peran yang mulia tidak sesuai dengan imbalan yang diharapkan. Sering kali gaji yang diterima oleh seorang guru Non-PNS atau sering juga disebut guru honorer tidak sesuai dengan pekerjaan yang dijalaninya. Rata-rata gaji yang diterima oleh guru honorer berada dikisaran 300ribu hingga satu juta rupiah perbulan. Besar kecilnya gaji guru honorer tergantung dari kebijakan sekolah tempat mengajar. Selain guru honorer, guru yang berstatus PNS pun sebagian besar masih mengalami jauh dari kata cukup terkait dengan gaji atau imbalan sebagai seorang guru. Pada intinya adalah gaji seorang guru baik yang PNS atau honorer masih kurang memadai.

Namun dibalik itu semua, sebagai seorang guru tidak perlu putus asa dengan minimnya gaji yang diterima. Ada beberapa solusi untuk mengatasi minimnya gaji sebagai guru yang honorer maupun yang PNS. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki usaha sampingan. Menjadi guru bukanlah penghalang untuk mempunyai bisnis atau usaha sampingan.
Biasanya guru mempunyai banyak waktu luang, karena rata-rata jam mengajar guru antara jam 07.00 sampai dengan jam 14.00, itu pun tak dilakukan setiap hari tergantung dari jadwal mengajar dan jumlah jam mengajar setiap minggunya. Dengan begitu banyak waktu luang yang didapat oleh seorang guru bila dibandingkan dengan orang yang bekerja dikantor atau instansi dimana kerja dari pagi hari sampai sore, atau bahkan sampai larut malam.

Nah, waktu luang tersebut bisa digunakan untuk membuka bisnis atau usaha sampingan sebagai penghasilan tambahan diluar gaji. Namun pastikan usaha sampingan yang dijalankan tidak sampai menguras tenaga, hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu tugas utama sebagai guru yaitu mendidik siswa.
Nah, jika Anda berprofesi sebagai guru, ada beberapa usaha sampingan yang cocok untuk dijalankan. Berikut beberapa contoh usaha sampingan yang bisa dijalan oleh Anda yang berprofesi sebagai guru.

1. Membuka les private

Sebagai seorang guru mungkin sudah terbiasa dengan mengajar di kelas dan itu sudah menjadi keahlian. Dengan membuka les atau bimbingan belajar sangat cocok untuk dilakukan sebagai pengahasilan tambahan.
Les private  atau bimbingan belajar bisa dilakukan selepas jam pulang sekolah. Sedangkan untuk tempatnya bisa dilakukan di rumah sendiri dengan memanfaatkan ruangan yang ada di rumah. Atau bisa juga dengan mendatangi rumah murid untuk les private. Memiliki usaha sampingan les private tentu saja akan mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan besar, bahkan penghasilan dari les bisa melampaui gaji guru.

2. Berjualan pulsa

Pulsa merupakan kebutuhan utama bagi mereka yang mempunyai handphone. Tidak hanya handphone, sebagian rumah-rumah saat ini menggunakan pulsa yaitu token listrik. Bisnis pulsa sangat cocok bagi guru yang ingin memiliki usaha sampingan yang hanya bermodalkan handphone dan saldo pulsa.

3. Pengadaan barang untuk koperasi sekolah

Anda dapat memanfaatkan salah satu fasilitas yang ada di sekolah yaitu koperasi, karena hampir setiap sekolah mempunyai koperasi. Disini bukan berarti guru ikut berjualan di koperasi, tetapi guru bisa bekerja sama dengan pihak pengelola koperasi dalam pengadaan barang-barang yang dijual dikoperasi.
Dengan begitu Anda tidak perlu repot untuk memikirkan sewa tempat untuk usaha, yang dilakukan cukup menitipkan barang dan diakhir jam pelajaran Anda bisa mengambil keuntungan setiap hari. Untuk barang-barang yang dititipkan bisa berupa alat tulis kantor, seragam sekolah beserta perlengkapannya, aksesoris komputer dan lain sebagainya.

4. Jualan Online

Seiring perkembangan dunia internet yang semakin pesat, banyak orang yang memanfaatkan fasilitas internet untuk berbagai macam tujuan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru bisa memanfaatkan internet untuk bisnis online sebagai usaha sampingan.
Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda dengan bisnis online, karena usaha sampingan ini bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja tanpa mengganggu proses kegiatan mengajar Anda.
Anda cukup menawarkan barang-barang Anda melalui media sosialnya seperti facebook, twitter, bbm dan lain sebagainya, atau Anda bisa membuat toko online pribadi dalam menawarkan barang yang akan Anda jual.

5. Usaha makanan dan minuman

Jika Anda menyukai kuliner dan hobi dalam memasak, Anda bisa mencoba membuka usaha sampingan di bidang makanan dan minuman. Makanan yang Anda jual tidak hanya makanan pokok saja, Anda bisa menjual makanan-makanan ringan, snack, minuman dan semacamnya.
Anda juga bisa menawarkan makanan dan minuman untuk kegiatan-kegiatan di sekolah seperti pertemuan, peringatan hari besar agama, perpisahan atau lain sebagainya.
Jenis usaha ini bisa Anda lakukan di rumah disaat Anda tidak ada jadwal mengajar di sekolah. Anda tidak perlu khawatir untuk masalah pemasaran, karena bisnis kuliner ini sudah jelas target pasarnya yaitu para siswa dan juga rekan-rekan guru.

6. Menjadi penulis buku atau blogger profesional

Jika Anda seorang guru yang kompeten sudah barang tentu Anda mempunyai kelebihan dalam mata pelajaran yang Anda ampu. Menjadi seorang penulis buku atau blogger profesional bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk membuka usaha sampingan. Disini Anda bisa membuka usaha sampingan sebagai penulis buku atau jadi seorang blogger yang profesional sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Tentu saja hal ini bisa Anda lakukan saat waktu luang ketika tidak sedang mengajar di sekolah

Itulah beberapa jenis usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh seorang guru sebagai penghasilan tambahan di luar jam mengajar. Semoga artikel ini dapat menginspirasi bagi Anda agar dapat hidup lebih sejahtera.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:34:00

0 komentar:

Post a Comment