Cara Agar Otak Anda Menjadi Pintar dan Jenius

Posted by Ashari

 
 Image by Google

Kali ini saya akan share kepada anda semua khususnya siswa-siswi saya tentang bagaimana cara biar otak anda cerdas dan pintar.

1. Rajinlah Membaca
Rajinlah membaca agar pengetahuan anda bertambah. Dengan rajin membaca kita akan mendapatkan informasi dan berita terbaru. Bacalah buku-buku yang ada disekitar anda baik itu buku pelajaran, majalah, koran dll. Rajinlah mengunjungi perpustakaan untuk sekedar membaca, jika tidak anda bisa menggunakan media internet untuk membaca yang bisa menambah wawasan anda.

2. Bergaul
Bergaul disini bukan berarti bergaul dalam hal negatif atau terjun ke pergaulan bebas, tetapi bergaul disini adalah bergaul dalam hal positif bersama orang-orang disekitar anda. Dengan bergaul banyak sekali hal-hal yang dapat menambah wawasan anda. Janganlah anda kuper (kurang pergaulan) yang selalu berdiam diri dirumah. Pergilah keluar rumah bergaul dan bersosialisailah dengan orang disekitar anda.

3. Sharing Ilmu
Bertukar ilmu, informasi dan pengalaman merupakan hal terpenting yang dapat memacu perkembangan otak anda menjadi pintar dan cerdas. Bergaulah dengan teman atau orang yang pintar dan berpengalaman, mintalah pada mereka ilmu dan pengalamannya. Jika anda lebih pintar dan berpengalaman berbagilah ilmu yang anda miliki kepada orang atau teman-teman anda. Anda jangan pelit.

4. Makan Teratur
Makan dengan asupan nutrisi yang cukup merupakan faktor terpenting untuk membuat anda lebih cerdas. Konsumsi ikan dan telur sangat membantu untuk meningkatkan fungsi otak karena didalamnya terkandung lemak omega 3. Jangan lupa sarapan pagi karena sarapan sangat penting untuk tenaga dalam beraktifitas.

5. Istirahat yang Cukup
Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini efektif karena hal-hal yang anda pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar anda akan bertahan lebih lama dalam ingatan anda. Anda bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk beristirahat

Baca Juga : Cara Setting Jaringan Komputer Peer to Peer di Windows 7

6. Olah Raga
Seorang pakar menjelaskan bahwa anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan anda, dan bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung anda dan berkeringat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal.

7. Melatih Otak
Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

8. Kreatif
Agar menjadi orang yang pintar dan cerdas, anda dituntut untuk lebih kreatif yaitu dengan menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat. Belajarlah menciptakan hal yang baru dengan melakukan eksperimen-eksperimen. Anda jangan terpaku atau hanya pengguna hasil karya cipta orang lain.

9. Pelajari Hal yang Baru 
Pergilah keluar dari rumah anda, banyak hal baru diluar sana. Pelajarilah hal-hal baru tersebut. Ketika kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru; dan semakin beragam hal yang dipelajari, semakin “pintar” pula otak kita.


10. Rajin Beribadah
Ibadah adalah hal yang paling utama diantara yang lainnya untuk menjadi seorang jenius dan pintar. Ibadah merupakan sarana untuk berhubungan langsung antara kita dengan Sang Pencipta. Berdoalah kepadaNya, minta kepada Tuhan agar kita diberi kemampuan otak yang cerdas dan pintar. Ingat, Tuhan adalah Sang Maha Pintar, sepintar dan sejenius apa pun kita tetap kita tidak dapat menandingiNya. Janganlah sungkan untuk meminta sesuatu kepada Tuhan, karena Tuhan akan marah jika kita mempunyai keinginan tak minta kepadaNya.

Itulah beberapa tips dan cara agar kita menjadi manusia yang cerdas dan pintar. Mungkin ada tips atau cara lain dari anda semua selain tips yang saya sampaikan diatas? Silakan share disini yaa.. Saya yakin semua orang diberi kemampuan yang berbeda tergantung dibidangnya. Semua itu hanya dapat tercapai apabila kita berusaha dengan sungguh-sungguh. Baiklah, sekian dulu dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang anda pahami dalam tulisan ini..thanks


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:17:00

3 komentar:

  1. Bagus nih kata-kata dana maknanya. Tq admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup sama2 Mas Dana, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Sama2 Ummi..semoga perkongsian ini bermanfaat,aamiin :)

    ReplyDelete