Processor : Pengertian dan Fungsingya

Posted by Ashari



Processor atau Central Processing Unit (CPU) merupakan otak dari suatu komputer dan pusat pengendali komputer. Tanpa prosesor, suatu PC hanyalah sebuah kotak logam yang tidak berarti, karena tidak dapat melakukan proses komputasi (hitungan) yang dapat ditampilkan dilayar komputer, menterjemahkan instruksi agar CD-ROM berputar atau mungkin menyalakn music MP3 darinya. Karenanya prosessor merupakan benda kecil yang sangat berharga dan dipuja-puja oleh para pecinta komputer.
Dalam arti lain, Prosesor juga dapat diartikan sebagai sebuah chip dengan nama “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk Prosessor yang banyak beredar dipasaran adalah Intel, AMD, Apple, IBM, IDT dll.
Bagian terpenting dari prosessor terdiri dari 3 bagian yaitu :

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.
  • Control Unit (CU) : adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.
  • Memory Unit (MU) : adalah alat penyimpanan kecil yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses.Memori ini bersifat sementara biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:05:00

0 komentar:

Post a Comment