Pengenalan dan Pengertian HTML

Posted by Ashari

  

HTML kepanjangan dari Hypertext Markup Language yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat suatu halaman website dan menampilkan informasi website dalam sebuah browser. HTML merupakan bahasa dasar dalam pembuatan suatu web. Nah, bagi anda yang ingin menjadi seorang web programmer maka anda harus dapat menguasai bahasa HTML.Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang mendukung untuk memanipulasi kode HTML, diantaranya ada Java Script, PHP dan CSS. Namun disini saya sarankan anda untuk memahami HTML terlebih dahulu.

Ada beberapa editor yang digunakan untuk menaruh kode-kode HTML diantaranya ada Notepad, Macromedia Dreamweaver MX, Ultra Edit, Ms. Front page dll. Dalam memilih editor tidaklah sulit dan tidak perlu menggunakan aplikasi yang berat dan besar. Anda cukup menggunakan aplikasi Notepad yang telah tersedia dan merupakan bawaan dari windows. Selain itu dalam tutorial HTML ini saya juga akan menggunakan Notepad sebagai aplikasi untuk menuliskan kode HTML.

Setelah kita menaruh kode-kode HTML di editor, maka kita membutuhkan aplikasi web browser. Web Browser (atau biasa disebut browser) adalah sebuah software aplikasi untuk menerima,  menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (wikipedia). Kode HTML yang kita buat akan diterjemahkan oleh web browser agar tampil seperti yang dirancang. Pada dasarnya seluruh web browser dapat menampilkan kode HTML sama baiknya, namun jika sudah berbicara mengenai desain halaman, tiap-tiap browser memiliki beberapa perbedaan.

Ada beberapa browser yang sering digunakan dalam berselancar di internet, diantaranya ada Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dll. Dalam tutorial HTML ini saya akan menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser dalam menampilkan kode HTML.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:13:00

0 komentar:

Post a Comment