Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Posted by Ashari

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terdiri dari 2 atau lebih yang saling berhubungan dengan menggunakan media kabel atau wireless yang biasanya digunakan untuk melakukan komunikasi data. Jaringan ini memerlukan media transmisi tertentu untuk dapat saling berbagi informasi, program dan penggunaan bersama perangkat keras. Prinsip dasar jaringan komputer adalah terjadinya komunikasi 2 arah antara pengirim dan penerima informasi.

Keuntungan menggunakan jaringan komputer, diantaranya adalah :
1. Penggunaan bersama (share) peralatan, data, program dan informasi.
2. Komunikasi Data
3. Akses internet bersama-sama
4. Sistem informasi yang terintegrasi.
5. Sangat menghemat waktu dan biaya transportasi, karena aliran data dan informasi yang cepat dengan jangkauan yang sangat luas

Jaringan Komputer
 
Klasifikasi Jaringan Komputer
Untuk memudahkan memahami jaringan komputer, para ahli membagi jaringan komputer berdasarkan beberapa klasifikasi, yaitu sebagai berikut :
 a. Berdasarkan area dan skala
 b. Berdasarkan media penghantar
 c. berdasarkan fungsi
a. Berdasarkan area dan skala
Berdasarkan area dan skala jaringan komputer dibedakan menjadi, LAN (local area network), MAN (metropolitan area network), WAN (Wide Area Network) dan Internet. 
1) LAN (Local Area Network) 
LAN adalah sekumpulan komputer yang berada di areal yang tidak luas, seperti gedung, sekolah, kampus. Biasanya LAN berukuran hingga beberapa kilometer. Media yang digunakan untuk LAN dapat berupa kabel UTP atau BNC. Beberapa keuntungan LAN dalam jaringan komputer diantaranya dapat saling bertukar file (sharing) dan dapat saling bertukar informasi serta pemakaian bersama sumber daya, misalnya penggunaan printer secara bersama
2) MAN (Metropolitan Area Network)
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama seperti LAN. Luas area pada jaringan ini sekitar 10 sampai 50 km. Media yang digunakan idealnya adalah wireless atau kabel serat optik. MAN dapat mencakup kantor-kantor yang letaknya berdekatan dalam satu kota dan dapat digunakan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
3) WAN (Wide Area Network)
WAN memiliki cakupan yang lebih luas daripada MAN. WAN dapat meliputi satu kawasan, satu negara, bahkan satu benua. Pada implementasinya, WAN menggunakan berbagai teknologi canggih, seperti satelit dan gelombang elektromagnetik. WAN juga menjadi pemicu terciptanya teknologi transfer data kecepatan tinggi, seperti ISDN dan DSL.
Wide Area Network
 
4) Internet
Internet adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia, sehingga cakupannya sudah mencapai satu planet, bahkan tidak menutup kemungkinan mencakup antarplanet. Koneksi jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan yang khas dari Internet Protokol (IP).
b. Berdasarkan media penghantar
Berdasarkan media penghantar, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2 yaitu, wire network  dan wireless network.
1) Wire network
Wire network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantarnya. Pada umumnya  terbuat dari bahan tembaga, namun seiring perkembangannya ada pula kabel yang terbuat dari serat optik (fiber optik). Kabel berbahan tembaga biasanya digunakan untuk jaringan LAN, sedangkan kabel berbahan serat optik digunakan pada jaringan MAN dan WAN.
2)Wireless Network
Wireless network adalah jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio atau cahaya infra merah sebagai penghantarnya. Gelombang radio ini bekerja pada frekuensi tinggi, yaitu 5,8 GHz dan 2,4 GHz, sedangkan infra merah hanya terbatas pada jaringan pendek yang melibatkan dua komputer saja.
c. Berdasarkan fungsi
Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer dibagi menjadi 2 bagian yaitu  client server dan  peer to peer. Client server  adalah jaringan komputer yang memfungsikan salah satu atau beberapa komputer menjadi server atau induk komputer lain. Sedangkan pper to peer adalah jaringan komputer yang setiap komputernya dapat menjadi server sekaligus client.
Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan jenis-jenis Jaringan Komputer, untuk pembahasan jaringan komputer berikutnya saya akan membahas tentang topologi jaringan komputer. Bagi anda yang belum mengerti mengenai jaringan komputer bisa langsung tanyakan lewat kolom komentar...terima kasih :)


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:54:00

0 komentar:

Post a Comment