Cara Memulai Menulis HTML

Posted by Ashari

Hallo semuanya,..dalam artikel kali ini saya akan mengajak anda semua untuk Memulai Menulis HTML dalam editor. Setelah sebelumnya saya telah jelaskan pengertian dari Tag, Elemen dan Atribut pada HTML. Oke langsung saja kita menuju ke TKP hehe...

1. Buka Notepad++  atau Aplikasi Editor lainnya di Windows.
2. Ketikan teks HTML dibawah ini.

<html>
<head>
<title>html pertamaku</title>
</head>
<body>
Ini adalah HTML Pertama saya ...
</body>
</html>

3. Setelah teks diatas diketik di Notepad++, Save file dengan nama Latihan1.html.
4. Buka file tersebut dengan cara double klik, atau klik kanan –> Open With –> Firefox (Jika anda menggunakan web browser firefox). Jika berhasil maka tampilan dibrowser akan terlihat seperti dibawah ini.
Agar anda lebih paham, saya akan menjelaskan tag-tag HTML tersebut.

Tag <html>
 tag <html> adalah tag awal / tag pembuka dalam penulisan kode-kode html. Semua tag berada dalam tag <html> ini. Tag ini diawali dengan <html> dan diakhiri </html>.

Tag <head>
Tag <head> berfungsi untuk mengapit berbagai macam fungsi dan informasi yang berkenan dengan halaman web yang bersangkutan. Pada tag <head> biasanya berisi CSS, JavaScript dan kode-kode lainnya yang tidak tampil di Browser.
Tag <title> berfungsi untuk mengapit kalimat yang menjadi judul dari halaman web tersebut. Tag <title> ditutup </title>. Tag <title> tampil pada tab browser, biasanya tampil dibagian paling atas browser. Contohnya dalam file Latihan1.html  judul "html pertamaku" akan muncul di tab browser anda.

Tag <body>
Tag <body> berisi seluruh elemen yang akan ditampilkan dihalaman web seperti teks, paragraf, link, gambar, tabel dll. Tag body ini ditutup dengan </body>.
Perlu diingat..hampir semua tag diakhiri dengan penutup tag.       


Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:45:00

0 komentar:

Post a Comment