Pengertian Tag, Elemen dan Atribut HTML

Posted by Ashari

Dalam artikel sebelumnya telah kita bahas Cara Menjalankan File HTML, Sekarang saya membahas tentang Pengertian Tag, Elemen dan Atribut HTML. Perlu anda ketahui, sebelum anda menuliskan kode-kode HTML ada baiknya anda mengetahui apa itu Tag, Elemen dan Atribut pada HTML, karena pada dasarnya kode-kode HTML dibentuk dari Tag, Elemen dan Atribut . Disini saya akan menjelaskan satu persatu, berikut penjelasannya.
 

Pengertian Tag dalam HTML
Tag merupakan suatu pasangan yang terdiri 2 bagian yang disebut dengan tag awal dan tag akhir. Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>). Tag awal dinyatakan dalam bentuk <nama tag> dan tag akhir dinyatakan dalam bentuk </tag akhir>. Tag disini berfungsi untuk menuliskan suatu objek berupa text, gambar, video dll.
Berikut ini adalah contoh penulisan Tag dalam HTML :
<b> Ini adalah contoh huruf tebal</b>

Penjelasannya adalah :
  • <b> adalah tag pembuka, <b> disini tag untuk menebalkan huruf.
  • </b> adalah tag penutup, yang membedakan adalah tag penutup selalu ada tanda slash ( / )
Pengertian Elemen dalam HTML
Elemen merupakan isi dari tag yang berada antara tag pembuka dan tag penutup. Sebagai contoh dari elemen anda dapat melihat kode html dibawah ini.

<b> Ini adalah contoh huruf tebal</b>

Penjelasan dari kode diatas adalah "Ini adalah contoh huruf tebal" merupakan elemen dari tag <b> 

            Baca Juga : Alasan Kenapa Yahudi Pintar dan Cerdas

Pengertian Atribut dalam HTML
Atribut adalah suatu karakteristik yang berada di tag awal. Informasi ini bisa berupa instruksi untuk warna dari text, besar huruf dari text, dll. Format penulisan atribut dalam suatu tag bisa dituliskan seperti ini <tag atribut1="value" atribut2="value" ... > dan ditutup dengan tag akhir yaitu </tag>.
Contoh penulisan atribut adalah sebagai berikut
<font color="red" face="tahoma">
Penjelasan dari kode diatas adalah font merupakan tag untuk huruf, sedangkan color="red" face="tahoma" merupakan atribut dari tag <font>.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian tag, elemen dan atribut dalam html. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi pembaca semuanya. Mohon maaf apabila dalam membaca artikel ini anda kurang mengerti dalam memahami isi tulisan saya (maklum lagi belajar heheh). Bila ada yang ingin ditanyakan silakan anda mengajukannya di kolom komentar..Terima kasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:17:00

1 komentar: