Cara Memulai Menjalankan File HTML

Posted by Ashari

Setelah anda mengetahui Pengertian HTML, kali ini saya akan membahas cara menjalankan file HTML. Untuk memudahkan dalam mengakses file HTML, sebaiknya anda membuat folder terlebih dahulu di Drive D. Berilah nama folder tersebut dengan nama LatihanHTML. Folder ini akan kita jadikan tempat menyimpan seluruh file HTML yang telah kita buat.

Setelah membuat folder, langkah berikutnya adalah buka aplikasi Notepad++ atau aplikasi editor lainnya, lalu ketikan text dibawah ini :


Selamat Datang di Website Saya...
Setelah save dan berikan nama file tersebut test.html. Setelah selesai di save, jalankan file test.html tersebut dengan cara double klik, atau klik kanan –> Open With –> Firefox (Jika anda menggunakan web browser firefox). Jika berhasil maka tampilan dibrowser akan terlihat seperti dibawah ini.




Selamat anda telah menjalankan file HTML, meskipun disini kita belum memasukan satupun kode HTML dalam text diatas.

Harap diperhatikan untuk setiap penyimpanan setiap halaman HTML harus diakhiri dengan ektensi .html. Anda juga akan menemukan halaman HTML yang berekstensi .htm yang digunakan untuk mendukung Windows versi lama. Perhatikan bagian alamat pada Browser, diawali dengan “file:///” lalu diikuti dengan alamat file HTML yang disimpan dalam komputer, misalnya: “D:/LatihanHTML/test.html“.Mengapa demikian, karena Apa yang kita lakukan disini adalah menjalankan file HTML dari komputer lokal.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:47:00

0 komentar:

Post a Comment