Peralatan Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN

Posted by Ashari

Untuk membangun sebuah jaringan LAN, maka diperlukan perangkat keras sebagai berikut :
1. Server
Server merupakan perangkat yang yang berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada komputer client. Layanan yang diberikan server kepada  client seperti disk server, file server, printer server, optical drive, layanan internet dan lain-lain
Server

2. Workstation/Cilent
Workstation/client merupakan komputer yang langsung digunakan oleh pengguna dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dengan menjalankan beragam sistem operasi dan merupakan bagian dari jaringan yang ada.
Komputer Client
3. NIC (Network Interface Card)
NIC biasanya disebut juga LAN Card atau kartu jaringan. Digunakan sebagai antarmuka (interface) komputer dengan jaringan komputer agar dapat saling komunikasi. Biasanya perangkat ini menggunakan Slot PCI, namun seiring perkembangan, kebanyakan perangkat ini telah terpasang pada motherboard  (onboard).

LAN Card

4. Swich/Hub
Adalah perangkat jaringan yang digunakan sebagai penghubung segmen jaringan dengan banyak titik. Switch memiliki cara kerja yang mirip dengan bridge dan memiliki sejumlah  port yang digunakan sebagai titik penghubung. Switch juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas jaringan dan penguat sinyal dalam jaringan komputer.
Switch Hub
5. Crimp Tool
Crimp tool (Crimping Tool) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45/RJ-11. Bentuknya bermacam-macam, ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti memotong dan mengupas kabel dan lain-lain.
Crimp Tool

6. RJ-45
RJ-45 atau Registered Jack-45 adalah konektor 8 kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke sebuah LAN, khusunya Ethernet. Kabel yang digunakan adalah kabel twisted pair (UTP).

RJ-45

7. LAN Tester
 Lan tester digunakan untuk memeriksa sambungan kabel apakah berfungsi baik atau tidak. Ada banyak ragam LAN Tester, baik yang berjenis digital maupun manual. Untuk menggunakannya, hubungkan salah satu ujung kabel UTP ke salah satu bagian alat ini, kemudian hubungkan ujung kabel lainnya kebagian lain alat ini.
LAN Tester
8. Wireless Access Point
Access Point

  Access point merupakan alat yang memungkinkan perangkat komunikasi kabel untuk terhubung ke jaringan nirkabel (wireless) dengan menggunakan wifi. Perangkat ini biasanya terhubung ke router dan bisa me-relay data antara perangkat nirkabel dan perangkat kabel pada jaringan.

9. Wireless LAN Card
Biasa disebut dengan wi-fi adapter, merupakan perangkat penghubung antara komputer dengan jaringan komputer jaringan nirkabel. Jenis interface yang banyak digunakan adalah PCI, USB dan PCMCIA. Pada kebanyakan komputer jenis laptop atau netbook keluaran terbaru, biasanya perangkat ini sudah terpasang, sehingga tidak diperlukan lagi untuk pemasangan tambahan.

WLAN Card

Itulah beberapa jenis peralatan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer LAN. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan bagi anda yang kurang paham bisa mengajukan pertanyaan kepada saya lewat kolom komentar. Terima Kasih...
 


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:21:00

0 komentar:

Post a Comment