Cara Setting Jaringan Komputer Peer to Peer di Windows 7

Posted by Ashari

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara konfigurasi ip address jaringan peer to peer. Cara ini adalah cara yang paling sederhana dalam sebuah jaringan komputer yaitu hanya menghubungkan 2 komputer (peer to peer). Sebelum anda melakukan praktek ini, alat dan bahan yang harus disediakan adalah 2 buah unit komputer yang masing-masing komputer telah terpasang NIC (Network Interface Card). Kemudian kabel UTP yang telah dirangkai dalam susunan Crossover.

Berikut langkah-langkah setting IP jaringan peer to peer:
1. Sambungkan ujung kabel ke port NIC pada komputer 1 dan komputer 2.
2. Pastikan lampu indikator hijau menyala, yang menandakan instalasi berlangsung baik.
3. Klik Start lalu pilih contol panel.
 4. Pada icon Network & Internet pilih View Network and Status Task.

 
5. Akan muncul jendela Network and Sharing Center, lalu pilih Change Adapter Setting.



 6. Lalu akan muncul jendela Network Conection, kemudian klik kanan Local Area Conection lalu pilih   Properties.


7. Pada jendela Local Area Conection Properties, pilih Internet Protocol version 4 (TCP/IPV4), lalu klik tombol properties.


8. Aktifkan tombol Use the following IP address, lalu isilah IP Address yang sesuai dengan beserta subnet mask-nya (lihat gambar). Umumnya nilai subnet akan terisi otomatis oleh Windows. Kosongkan kotak-kotak lainnya. Lalu tutup kotak dialog dengan mengklik tombol OK.



Sampai disini anda telah berhasil melakukan konfigurasi IP Address jaringan peer to peer. Lakukan hal yang sama pada komputer 2 dengan memasukan IP address 192.168.0.2.
 
 
Memeriksa dan Mengevaluasi Sambungan LAN
Setelah konfigurasi alamat IP Address dilakukan, langkah selanjutnya adalah menguji koneksi LAN yang telah kita buat yaitu dengan memberikan perintah ping antarkomputer. Caranya, buka jendela Command Prompt, lalu ketik misalnya ping 192.168.0.2 pada komputer 1 lalu tekan Enter. Jika ada reply atau jawaban dari komputer 2 (192.168.0.2) berarti instalasi jaringan sudah berhasil. Pastikan jumlah data yang dikirim sama dengan jumlah data yang diterima.
Perhatikan contoh hasil ping berikut.
 

  
Selamat Mencoba Semoga Berhasil...Sukses!!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 19:54:00

2 komentar: