Cara Membuat Paragraf dan Baris Baru di HTML

Posted by Ashari

Selamat malam sodara-sodara, dalam artikel kali ini saya akan mencoba membahas Cara Membuat Paragraf dan Baris Baru di HTML. Biasanya kita untuk membuat paragraf baru yaitu dengan cara menekan tombol Enter pada keyboard maka teks yang kita tulis akan membentuk sebuah paragraf atau teks akan muncul di baris baru. Bagaimana dengan kode HTML? Apakah sama seperti yang kita lakukan seperti biasanya? Untuk mempraktekannya anda coba ketikan kode HTML dibawah ini.

<html>
<head>
<title> Paragraf dan Baris Baru HTML</title>
</head>
<body>
     Ini adalah paragraf pertama
     Ini adalah paragraf kedua
</body>
</html>

Setelah selesai menuliskan teks diatas, simpan dengan nama paragraf.html di folder tempat menyimpan file-file html sebelumnya. Lalu jalankan file HTML tersebut maka tampilannya akan terlihat seperti dibawah ini.


Seperti yang anda lihat pada tampilan diatas, untuk pembuatan paragraf dalam HTML berbeda dengan cara kita membuatnya dengan menekan tombol enter. Untuk membuat paragraf dalam HTML kita bisa menambahkan tag <p> diawal paragraf dan menutupnya dengan tag </p> diakhir paragraf. Kita bisa mengedit kode html diatas dengan menambahkan tag paragraf seperti dibawah ini.

<html>
<head>
<title> Paragraf dan Baris Baru HTML</title>
</head>
<body>
     <p>Ini adalah paragraf pertama</p>
     <p>Ini adalah paragraf kedua</p>
</body>
</html>

Setelah selesai kemudian pilih save, lalu anda buka file tersebut di browser maka tampilannya seperti berikut.


Jika kita perhatikan, setelah kita menambahkan tag <p> diawal teks maka teks tersebut akan membentuk paragraf secara otomatis dan penekanan tombol enter tidak berlaku dalam penulisan kode html.

Nah, sekarang bagaimana caranya kita membuat baris baru? Dalam hal ini tidak jauh berbeda saat kita membuat paragraf, anda tinggal menambahkan tag <br> diawal teks dan diakhiri dengan tag </br>. Tag <br> ini berfungsi untuk membuat baris baru dalam html. Untuk lebih jelasnya anda ketikan kode html dibawah ini.

<html>
<head>
<title> Paragraf dan Baris Baru HTML</title>
</head>
<body>
     <br>Ini adalah baris pertama</br>
     <br>Ini adalah baris kedua</br>
</body>
</html>

Simpan kode diatas dengan nama baris.html, kemudian lihat hasilnya di browser anda maka tampilannya akan seperti ini.

 

Bagaimana, mudah bukan pemirsa? hehe..
Demikianlah artikel Cara Membuat Paragraf dan Baris Baru di HTML, saya haraf anda paham semua dengan penjelasan diatas. Bagi anda yang belum paham bisa tanyakan langsung dikolom komentar. Terima kasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:38:00

0 komentar:

Post a Comment